PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada CV. Karya Mina Putra Divisi Kayu Rembang)

Sri Mulyani, Anik Nurhidayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan pengaruh intellectual capital, komitmen organisasional, kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Karya Mina Putra Rembang Divisi Kayu Rembang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data subyek. Sumber data dalam penelitian ini merupakan data primer. Data diperoleh dari persepsi karyawan. Jumlah karyawan yang dikirim kuisoner dalam penelitian ini sebanyak 150 orang. Kuesioner yang dikembalikan dan dapat diolah berjumlah 150. Model analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis ini menggunakan uji regresi linear berganda, uji parsial dan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial intellectual capital berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan. Komitmen organisasional berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan pada CV. Karya Mina Putra Rembang Divisi Kayu Rembang. Secara keseluruhan, pengaruh intellectual capital, komitmen organisasional, kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada CV. Karya Mina Putra Rembang Divisi Kayu Rembang adalah sebesar 48,9%, sedangkan sisanya 51,1% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model penelitian.
Kata kunci: Intellectual Capital, Komitmen Organisasional, Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.