Optimalisasi Potensi Diri: Workshop Personal Branding Bagi Pekerja Migran untuk Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Meta Bara Berutu, Corry Yohana, Ari Saptono, Tri Hesti Utaminingtyas, Santi Susanti, Maulana Amirul Adha, Rahma Fitriana, Azahra Putri Dewi Mumpuni

Abstract


Di luar negeri, pekerja migran dari Indonesia sebagian besar bekerja sebagai pekerja rumah tangga. Mereka pergi ke luar negeri untuk mencari peluang ekonomi yang lebih baik. Namun, banyak dari mereka yang setelah selesai masa kontrak atau kembali ke tanah air tidak memiliki banyak tabungan. Oleh karena itu, mereka perlu mencari cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan meningkatkan kemampuan personal branding, terutama melalui media sosial. Kemampuan Personal branding yang kuat dapat membuka peluang baru bagi pekerja migran untuk mempromosikan diri melalui media sosial, yang semakin menjadi platform utama untuk berbagi informasi dan promosi. Pelatihan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan citra diri para pekerja migran di Malaysia dan Qatar, sehingga memberikan dampak positif terhadap pengembangan karir dan penghasilan tambahan mereka. Tim pelaksana telah merancang materi pelatihan yang relevan dengan kebutuhan peserta berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan. Materi pelatihan tentang personal branding di media sosial ini disusun khusus untuk memenuhi kebutuhan peserta, dengan menitikberatkan pada pentingnya personal branding, manfaatnya, serta tips dan trik untuk membangun personal branding yang dapat mendukung pengembangan karir di masa depan. Berdasarkan analisis hasil kuesioner dari 262 peserta, program pengabdian masyarakat menunjukkan tingkat kepuasan yang sangat tinggi. Keahlian pembicara menunjukkan tingkat kepuasan tinggi sebesar 4,37, diikuti oleh aspek komunikasi dan keterlibatan dengan skor masing-masing 4,32 dan 4,34. Relevansi materi serta layanan informasi mendapatkan skor 4,26 dan 4,30. Aspek fasilitas, waktu, pemahaman topik, dan implementasi keseluruhan acara masing-masing memperoleh skor rata-rata 4,24; 4,21; 4,11; dan 4,31. Secara keseluruhan, tingkat kepuasan peserta menunjukkan hasil yang sangat positif, mencerminkan kualitas dan efektivitas program yang tinggi.


Full Text:

PDF

References


Alaimo, C., Kallinikos, J., & Valderrama, E. (2020). Platforms as service ecosystems: Lessons from social media. Journal of Information Technology, 35(1), 25–48.

Franzia, E. (2018). Personal Branding melalui media sosial. Prosiding Seminar Nasional Pakar, 15–20.

Hermawan, D. (2018). Content creator dalam kacamata industri kreatif: Peran personal branding dalam media sosial.

Meifilina, A. (2022). Pelatihan personal branding dalam membangun citra diri. Science Contribution to Society Journal, 2(1), 32-48.

Nabilah, M. (2023). Pekerja Migran Indonesia Didominasi oleh Pekerja Rumah Tangga per Oktober 2023. Databox. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/20/pekerja-migran-indonesia-didominasi-oleh-pekerja-rumah-tangga-per-oktober-2023

Rahma, A. (2018). Analisis faktor faktor pendorong wanita mengambil keputusan berwirausaha pada sentra usaha mikro kecil batik jambi Kota Seberang. UNJA.Id.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v5i1.718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.