PENGEMBANGAN "ANIS SNACK" MELALUI DIGITAL MARKETING DAN MEDIA SOSIAL

Ari Kuntardina, Latifah Anom, Dewi Rochmayanti

Abstract


Abstrak

Program pengabdian masyarakat dilaksanakan di Desa Ngradin, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro. Desa Ngradin memiliki sepuluh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah kurang memahami cara melakukan promosi melalui media sosial dan digital marketing. Salah satu UMKM tersebut adalah “Anis Snack” yang memproduksi camilan kerupuk. Dengan melakukan branding pada “Ánis Snack” diharapkan konsumen mengenali produknya. Kemudian “Anis Snack” dimotivasi untuk melakukan promosi produk melalui media sosial dan internet. Metode yang dilakukan dalam pendampingan adalah sebagai berikut: 1) Melakukan survey lokasi UMKM; 2) Kunjungan ke UMKM untuk menentukan solusi; 3) Persiapan pelaksanaan kegiatan; 4) Pelaksanaan kegiatan; 5) Monitoring dan evaluasi. Capaian luaran program adalah supaya produk semakin dikenal oleh konsumen serta peningkatan penjualan melalui digital marketing dan media sosial.   

Kata kunci: Camilan kerupuk, UMKM, branding, digital marketing, media sosial.

 

DEVELOPMENT OF "ANIS SNACK" THROUGH DIGITAL MARKETING AND SOCIAL MEDIA

Abstract

The community service program was carried out in Ngradin Village, Padangan District, Bojonegoro Regency. Ngradin Village has ten Micro, Small and Medium Enterprises (UMKM). The problem faced by UMKM is a lack of understanding of how to promote through social media and digital marketing. One of these UMKM is "Anis Snack" which produces cracker snacks. By branding "Ánis Snack", it is hoped that consumers will recognize the products. Then "Anis Snack" is motivated to promote products through social media and the internet. The methods of assistance are as follows: 1) Conducting a survey of UMKM locations; 2) Visits to UMKM and research to determine solutions; 3) Preparation for the implementation of activities; 4) Implementation of activities; 5) Monitoring and evaluation. The output of the program is to make the product more known by consumers and increase sales through digital marketing and social media.  

Keywords: Cracker snacks, UMKM, branding, digital marketing, social media.


Full Text:

PDF

References


Jayengsari, R. (2021). Branding Dalam Strategi Marketing Keripik Pisang Pada Pelaku Usaha Rumahan. Journal of Empowerment, 2(1), 111. https://doi.org/10.35194/je.v2i1.1232

Ramadhan, A. Y., & Hakim, A. (2023). Implementasi Digital Marketing Pada Umkm Keripik Pisang Desa Gempolkarya. Abdima Jurnal …, 2(1), 711–718. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/view/3655%0Ahttps://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/AJPM/article/download/3655/2440

Suharnanik, Sufaidi, A., & Harianto, S.T.B., (2020). Peningkatan Usaha “Kerupuk Cak Makin” di Kabupaten Mojokerto (Pengabdian Kepada Masyarakat Untuk Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Buletin Abdi Masyarakat. Vol. 2 (No.1), halaman 33-39.

Widaryanti, Luhgiatno, & Widowati, M. (2020). Digital marketing Kekinian Bagi UMKM Kriwakz Keripik Ikan Wader Rawa Salatiga. Buletin Abdi Masyarakat. Vol. 2 (No.1), halaman 60-65.

Wijanarko, K. D., Sarwido, Sugiarti, M. I., Erdiyansyah, M. I., & Darnoto. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing Dan Penerapan Branding Kemasan Dalam Pengembangan Umkm Kripik Tempe Saginah Desa Suwawal. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 89–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v5i1.695

Refbacks

  • There are currently no refbacks.