PROTOTYPE TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN PENGELOLAAN KEUANGAN BERBASIS PEMBUKUAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM CARANG MAS

Nada Husniah Shofi, Fitri Widiya Kurniawati, Choirul Anam

Abstract


UMKM carang mas "Novita" yang berada di di desa rejoso RT 2 RW 10 kecamatan junrejo Kota Batu adalah usaha kecil yang bergerak di bidang makanan ringan. permasalahan yang terdapat di UMKM tersebut adalah beberapa proses produksi masih secara cara manual dan pemasarannya dilakukan secara pasif yang berdasarkan pesanan pembeli, yang akan dijual kembali selain itu juga masih belum memiliki sistem pembukuan dan laporan keuangan dalam menjalankan usahanya dan juga dari sisi kesehatan dan kebersihan masih belum memperhatikan kehigienisan produk yang diproduksi oleh carang mas “Novita”.

Tujuan adanya kuliah kepada masyarakat ini dapat berkontribusi secara langsung untuk membantu  mempertimbangkan potensi, masalah dan kebutuhan serta kondisi khusus daerah kerja. Oleh karena itu program kerja pengabdian masyarakat diarahkan pada penerapan ipteks yang lebih menekankan pada teknologi tepat guna pemberian motivasi dinamis dan mobilisasi masyarakat untuk membangun aktualisasi pola ilmiah pokok universitas dan pengembangan sikap mental perilaku. Pelaksanaan dilakukan pada UMKM carang mas "Novita" , meliputi dokumentasi, observasi, dan wawancara pada pengelola UMKM perihal permasalahan yang dihadapi saat ini.

Hasil pelaksanaan diketahui bahwa terwujudnya desain (prototype) berupa mesin pengupas dan pencuci bahan baku ubi. kedua, terwujudnya pembukuan pelaporan keuangan.


Full Text:

PDF

References


Alma, Prof. Dr. H. Buchari. 2010. Pengantar Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Erly julianti. (2016). Etika Bisnis Dalam Islam. Jurnal Umul Qura

Hadi, S., Wijaya, A. F., & Utami, B. S. (2016). Pemberdayaan Umkm Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Kendal Menuju Pasar Global. Jurnal Informatika, 12(1).

Arif rizki, 2021, Apa Itu Bisnis Digital? : Pengertian dan Contohnya (https://toffeedev.com/blog/apa-itu-bisnis-digital/) di akses 16 january 2022.

Mendy aisha,2022,macam-macam bisnis, apa saja ya? (https://mesinmilenial.com/macam-macam-bisnis.html) di akses 16 january 2022.

Riza dian kurnia,2021, cara pengelolaan keungan (https://www.qoala.app/id/blog/inspirasi/cara-pengelolaan-keuangan-terlengkap/#:~:text=Pengelolaan%20keuangan%20adalah%20sebuah%20kegiatan,suatu%20kondisi%20finansial%20yang%20terjamin.) di akses 16 january 2022.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v4i1.613

Refbacks

  • There are currently no refbacks.