PENGUATAN MERK DAN OPTIMALISASI PEMASARAN PADA UMKM TIARA CENGKARUK DI DESA SIDOMULYO, KECAMATAN KALIORI, KABUPATEN REMBANG

Wulan Suryandani, Aliyatul Maro`ah, Novian David Pratama

Abstract


Pemasaran merupakan aspek penting dalam pengelolaan usaha untuk membantu meningkatkan penjualan. Penggunaan teknologi informasi merupakan suatu hal yang perlu dipelajari oleh para pelaku UMKM. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Tiara Cengkaruk adalah tidak memiliki branding yang kuat dan keterbatasan pemasaran yang masih belum menggunakan sosial media untuk pemasaran online. Dari permasalahan tersebut Tim Pengabdian kepada Masyarakat memberi solusi dengan membuat beberapa program kegiatan untuk mengembangkan UMKM Tiara Cengkaruk diantaranya adalah: (1) Pembuatan banner untuk identitas usaha (2) Pembuatan akun media sosial Instagram dan Facebook (3) Mengganti desain logo merk (4) mengganti kemasan produk yang lebih menarik agar dapat meningkatkan minat konsumen. Adapun hasil kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di UMKM Tiara Cengkaruk adalah: (1) UMKM memiliki banner sebagai sarana identitas usaha (2) memiliki desain logo merk baru yang lebih menarik (3) memiliki kemasan produk yang lebih menarik agar dapat meningkatkan minat konsumen (4) memiliki akun media sosial berupa Instagram dan facebook agar produk lebih dikenal masyarakat luas dan lebih berkembang (5) mendaftarkan produk UMKM Tiara Cengkaruk di Rumah BUMN Rembang agar dapat memperluas jaringan pemasarannya.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v4i1.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.