PENDAMPINGAN PENCATATAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BERBASIS DIGITAL BAGI USAHA MIKRO PUTRA USAHA DI DESA KALIWUNGU KABUPATEN KUDUS

Khoirul Fuad, Winarsih Winarsih, Retno Tri Handayani

Abstract


UMKM keberadaannya hampir ada disetiap daerah bahkan di desa, hampir dari setiap usaha mereka merupakan sebuah pekerjaan tumpuan yang digunakan untuk menghidupi keluarga, dengan era saat ini yang serba terperinci dan berbasis digital maka penting bagi UMKM untuk tau pasti kondisi keuangan usahanya bukan hanya sekedar usahanya berputar tetapi tidak tau apakah itu untung atau rugi, itulah makna penting dari sebuah pengelolaan keuangan UMKM yaitu membuat pencatatan arus keuangannya secara komputerisasi, namun sayangnya jarang sekali yang membuat laporan keuangan untuk UMKMnya, oleh karena itu dalam pengabdian ini bermaksud untuk memberikan pelatihan serta pendampingan kepada UMKM tentang cara mengetahui posisi keuangan yaitu dengan cara membuat laporan keuangan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah bimbingan dan pelatihan penyusunan laporan keuangan sederhana secara digital. Materi yang akan diberikan selama pelatihan dan pendampingan meliputi: (1) memperkenalkan manfaat dari pencatatan dan pembukuan laporan keuangan, (2) pendampingan dan pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM sederhana. Hasil luaran dari kegiatan ini adalah UMKM menjadi lebih mengerti akan pentingnya penyusunan laporan keuangan berbasis digital dan telah bersedia secara rutin untuk membuat laporan keuangan sederhana selain itu UMKM diharapkan bisa memperhitungkan secara matang berapa modal dan biaya yang dikeluarkan untuk menentukan laba secara pasti kedepannya

Full Text:

PDF

References


Amoaka, Gilbert Kwabena, (2013). Accounting Practices of SMEs: a Case Study of Kumasi Metropolis in Ghana. International Journal of Business and Management; Vol. 8, N0. 24

Andarsari, P. R. (2018). Implementasi Pencatatan Keuangan Pada Usaha Kecil Dan Menengah (Studi Pada Sentra Industri Kripk Tempe Sanan di Kota Malang). Jurnal JIBEKA, 12(1), 59-64.

Farliana, N., Khasan, S., Indri, M., & Hanif, H. (2020). Optimalisasi Pemberdayaan Narapidana Lembaga Permasyarakatan Terbuka Melalui Literasi Keuangan. Jurnal Panrita Abdi, 4(1), 11-23.

Ghofirin, M. dan W.E.T. (2018). Pelatihan Akuntansi Sederhana untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Community Development Journal (CDJ), 2(1). https://doi.org/10.33086/cdj.v2il.358

https://lamikro.com/app

Linawati, Erna Puspita, Sigit Puji Winatko & Sugeng. (2020). Pelatihan Akuntansi dan Pengelolaan Keuangan bagi Wirausaha Baru Kabupaten Nganjuk. Prosiding Seminar Nasional Abdimas Ma Chung. pp. 203-2011.

Mudjiarto, Aliaras Wahid, (2013) "Kewirausahaan Motivasi dan Prestasi dalam Karier Wirausaha", Penerbit UIEU University Press, Jakarta, 2013.

Pustapa, P., Riandra, A., & Aisyah, R. (2019). Pelatihan Akuntansi Keuangan Bagi UMKM Kota Madya Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPkM), 1(1), 8-12.

Sixpria, N., Suhartini, T., & Warsini, S., (2014). Implementasi Standar Akuntansi Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (SAK-ETAP) dalam Proses Akuntansi dan Penyusunan Laporan Keuangan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v4i1.606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.