Determinan Keputusan Berbelanja Online Pada Produk Cardinal Dimediasi oleh Variety Seeking

Drajat Hartono, Iswahyuni Wulandari, Ericke Fridatien, Nirsetyo Wahdi, Aprih Santoso

Abstract

Manusia saat ini menjadikan fashion sebagai gaya hidup bahkan kebutuhan mereka. Teknologi yang terus berkembang menyebabkan industri fashion mampu menjangkau konsumen dari beragam wilayah dan strata sosial. Riset  ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, promosi serta kualitas produk terhadap keputusan pembelian online produk cardinal dimediasi veriety seeking. Riset ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis regresi. Pada riset ini, penulis memakai data primer dan pengambilan sampel menerapkan metode purposive sampling sehingga diperoleh jumlah sampel pada riset ini sebanyak 75 responden. Riset ini dianalisis dengan Partial Least Square (PLS). Hasil analisis data diperoleh bahwa harga dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online. Sedangkan, kualitas produk tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja online produk Cardinal. Variety seeking mampu memediasi pengaruh harga, namun tidak mampu memediasi pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan berbelanja online pada produk Cardinal. Peneliti masa depan yang akan menyelidiki isu-isu terkait dapat menggunakan temuan penelitian ini sebagai panduan. Studi ini juga dapat digunakan sebagai data penilaian untuk membantu pengelola bisnis lebih fokus pada kualitas produk dan promosi untuk memfasilitasi kampanye pemasaran dengan audiens yang lebih besar dan meningkatkan niat membeli konsumen..

Kata Kunci: Harga, Promosi, Kualitas Produk, Variety Seeking

Full Text:

PDF

References

Adhitya, W. R. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Mahasiswa Di Kota Medan Pada Aplikasi Shopee. Accumulated Journal: Accounting and Management Research Edition, 3(2), 142–161. http://dx.doi.org/10.22303/accumulated.3.2.2021.142-161

Aisya, S., & Riyadi, Y. A. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 2(1), 16–33. https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192

Ansori, P. B., & Fatimah, S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Cardinal Casual Pada Ska Mall Pekanbaru. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 10(1), 78–87. http://dx.doi.org/10.31846/jae.v10i1.436

Baithal, M., Zigari, M., Malik, A. J., & Marjiana, V. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Di Kota Makassar. JIMBI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 4(2), 171–182. https://doi.org/10.31289/jimbi.v4i2.1727

Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1134

Cahyani, F. G., & Sitohang, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(3), 1–19. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/527

Dessyaningrum, C., Samsir, & Yulia, E. (2020). Pengaruh Kualitas Mobile, Harga, Dan Kualitas Produk Dengan Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Keputusan Pembelian Online Situs Shopee. Tepak Manajemen Bisnis, 12(3). https://jtmb.ejournal.unri.ac.id/index.php/JTMB/article/view/7877/0

Efendi, A., & Jusmiati. (2017). Pengaruh Atribut Produk Dan Perilaku Pencarian Variasi Terhadap Perilaku Mahasiswa Berpindah Merek Ponsel Pada Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UINMA. Jurnal Manajemen Ide Dan Inspirasi, 4(2), 63–75. https://doi.org/10.24252/minds.v4i2.4124

Huda, I. U., & Sapar, J. F. (2022). Analisis Kepuasan Anggota Koperasi Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Koperasi Credit Union Sumber Sejahtera Kalimantan Selatan. Eqien: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(3), 581–604. https://doi.org/10.34308/eqien.v11i03.1096

Indarwati, Y., & Untarini, N. (2017). Pengaruh Ketidakpuasan Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dengan Kebutuhan Mencari Variasi Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 1–11. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/18401

Indriasari, D. P. (2017). Pengaruh Harga, Promosi Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Restoran Cepat Saji. Jurnal Ekonomi, 19(3), 1689–1699. https://doi.org/10.37721/je.v19i3.25

Jackson R.S.W. (2013). Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), 607–618. https://doi.org/10.35794/emba.1.4.2013.2741

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1), 1–8. https://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/853

Kapojos, J. . R. (2017). Faktor Perilaku Perpindahan Merek (Brand Switching) : Studi Pada Pegawai Pengguna Telepon Seluler Merek Samsung Di Kantor Bupati Minahasa Tondano Januard. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(4), 481–502. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/17591

Khasanah, A. U., & Kuswati, R. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perpindahan Merek Pada Produk Smartphone. Benefit Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 123–131. https://journals.ums.ac.id/benefit/article/view/1384

Kurniawan, R., Prikurnia, A. K., & Adriani, W. Y. (2024). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Ritel Modern Chandra Superstore. Journal Of Economic And Business Retail, 4(1), 41. https://doi.org/10.69769/jebr.v4i1.176

Mustabsyirah, Zakariah, A., & Novita. (2024). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Syariah Dan Bank Konvensional. Maslahah: Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Syariah, 2(4), 50–63. https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i4.1617

Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen Jilid 2 Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga

Muliadi, S., Arthawati, S. N., Oktavera, R., & Gustiawan, W. (2024). Determinan proses keputusan pembelian online di kalangan konsumen Muslim pengguna Shopee: Kepercayaan sebagai variabel mediasi. Jurnal Manajemen Maranatha, 23(2), 233–246. https://doi.org/10.28932/jmm.v23i2.8719

Nugrohowati, D., & Widhar, R. (2024). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Wiu Bakery. Academy of Education Journal, 15(1), 599–611. http://dx.doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2266

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2022). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing. Management Studies And Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://dx.doi.org/10.37385/msej.v4i1.1246

Nurhayati, S. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Di Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 4(2), 60–69. https://jurnal.amaypk.ac.id/index.php/jbma/article/view/66

Polla, F. C., Mananeke, L., & Taroreh, R. N. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 3068–3077. https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.21224

Prawira, E. Y., & Sukardi. (2019). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Vivo Pada Masyarakat Kota Yogyakarta. Jurnal Fokus, 9(1), 64–75. https://doi.org/10.12928/fokus.v9i1.1550

Putri, G. E. (2021). Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce. Jurnal Universitas Negeri Yogyakarta, 16(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/44667

Rosalina, M., Qomariah, N., & Sari, M. I. (2019). Dampak Promosi, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Oppo Smartphone. Jurnal Penelitian IPTEKS, 4(2), 161–174. https://doi.org/10.32528/ipteks.v4i2.2455

Ruwaida, R., & Aqilah, N. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Situs Belanja Online Lazada. Ikraith-Ekonomika, 6(1), 159–169. https://doi.org/10.37817/ikraith-ekonomika.v6i1.2478

Santoso, G. E. M., & Mahargiono, P. B. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kosmetik Wardah (Studi Kasus Pada Mahasiswi Stiesia Surabaya). Jurnal Ekonomi Dan Riset Manajemen, 12(8), 1–16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5485

Saragih, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Distro Bastard Clothing. JAMIN : Jurnal Aplikasi Manajemen Dan Inovasi Bisnis, 6(3), 8. http://dx.doi.org/10.35137/jmbk.v6i3.220

Setiawan, I., & Fadillah, R. (2023). Pengaruh Promosi Online Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Zalora (Studi Kasus Pada Mahasiswa Institut Stiami Kampus Bekasi. JAMBIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1), 94–103. https://doi.org/10.31334/jambis.v3i1.3065.g1464

Setiawan, I., Harismasakti, E., & Sutisna, A. J. (2024). Pengaruh Keragaman Produk Dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Barokah Tani Kecamatan Maja Kabupaten Lebak. The Asia Pacific Journal Of Management Studies, 11(1), 53–60. https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/APJMS/article/view/1140

Setiawan, W., & Suprihhadi, H. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Kijang Innova Reborn. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(11), 1–17. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2603

Simanihuruk, P., Prahendratno, A., Tamba, D., Sagala, R., Ahada, R., Purba, M. L. B., & Rachman, S. H. (2023). Memahami Perilaku Konsumen: Strategi Pemasaran Yang Efektif Pada Era Digital. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Supriyadi, Wiyani, W., & K.N, G. I. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 4(1), 74–85. http://dx.doi.org/10.26905/jbm.v4i1.1714

Susanto, Y. D., & Widyawati, N. (2016). Pengaruh Variety Seeking , Promosi Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Perpindahan Blackberry Ke Smartphone. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(2), 1–15. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/515

Tengor, G., Kawet, L., & Loindong, S. (2016). Pengaruh Merek, Desain Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Iphone Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Eben Haezar Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(04), 367–375. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jbie/article/view/13620

Tjiptono, F. & D. (2016). Pemasaran, Esesi Dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Yunita, I. I., Menuk, S. C., & Noerchoidah. (2021). Pengaruh Brand Image, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Brand Cardinal Di Matahari Cito Surabaya. UBHARA Management Journal, 3(4), 190–202. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jsbr/article/view/6514

Refbacks

  • There are currently no refbacks.