PENGARUH DIGITALISASI LAYANAN PAJAK DAN KESADARAN WAJIB PAJAK TERHADAP KEPATUHAN PAJAK DENGAN SOSIALISASI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada WPOP KPP Pratama Surakarta)

Erika Wahyu Kristawati, Fadjar Harimurti

Abstract

Taxes play a significant role in state revenue. One phenomenon that arises in the field of taxation is taxpayer compliance. We should be aware that taxpayer compliance is currently very low due to low taxpayer awareness and the lack of use of digitalized tax services. For this reason, this study aims to ascertain the impact of taxpayer awareness and the digitalization of tax services as well as the digitalization of tax compliance and tax socialization as a moderating variable on individual taxpayer compliance. in this study the subjects were non-employee individual taxpayers or those doing business or free workers at KPP Pratama Surakarta. The method used in this research is quantitative. The type of data used is primary data. The data usage technique used in this research is by using a questionnaire. The sampling technique in this study was purposive sampling with a sample size of 88 respondents. The results of this study indicate that tax digitalisation has a positive and significant effect on tax compliance, taxpayer awareness has a positive and significant effect on tax compliance, results of this study indicate that tax digitalisation has a positive and significant effect on tax compliance.

Keywords

Tax digitalisation, taxpayer awareness, tax compliance, tax socialisation

Full Text:

PDF

References

Afrida, A & Kusuma, Gumulya, S.M. (2022). Pengaruh Pemahaman dan Kesadaran Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi. BALANCE: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 7(1), 1-10.

Hartinah, D. A. S., Kusumawati, A., & Rasyid, S. (2023). Analisis Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi: Sosialisasi Pajak sebagai Variabel Moderasi. Owner Riset & Jurnal Akuntansi, 7(1), 195–218.

Imam Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrayani, N. M. M., Mahaputra, I. N. K. A., & Sudiartana, I. M. (2022). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, dan Pelayanan Fiskus Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Kharisma, 4(2), 115–125.

Kesaulya, J., Pesireron, S., Situmeang, M. F., & Nusi, A. (2022). Pengaruh Penerapan E-Filling System dan Pengetahuan Pajak Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Pemoderasi (Study Empiris Pada UMKM Kota Ambon). Jurnal Maneksi, 11(2), 342–351.

Laura, & Akhadi, I. (2021). Pengaruh Pemahaman, Kesadaran, Kualitas Pelayanan dan Ketegasan Sanksi terhadap Kepatuhan WPOP di Wilayah Jakarta Barat. Media Bisnis, 13(1), 55-64.

Mardiasmo. (2019). Perpajakan Edisi 2019 (2019th ed.). Andi Yogyakarta.

Rahmawati, M. A. (2022). Digitalisasi Administrasi Perpajakan : Implementasi di KPP Pratama Semarang Selatan. 05.

Republik Indonesia. (2007). Peraturan Menteri Keuangan No. 192/PMK.03/2007 tentang Tata Cara Penetapan Wajib Pajak Dengan Kriteria Tertentu Dalam Rangka Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak. Jakarta

Rianty, M., & Syahputera, R. (2020). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan Fiskus, dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak. Balance: Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 5(1), 13-25.

Riyani, Rita & Sofianty, D. (2024). Pengaruh Digitalisasi Pajak dan Kesadaran Wajib Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Subang. Bandung Conference Series: Accountancy.

Saifudin, & Rahmawati, M. A. (2020). Digitalisasi Administrasi Perpajakan: Implementasi di KPP. Jurnal Hummansi, 5(2), 70–80.

Saragih, F. (2021). Analisis Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kualitas Pelayanan Fiskus dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kantor Pelayanan Pajaka (KPP) Pratama Medan Timur. 1–83.

Sari, N. W. (2021). Pengaruh Penerapan E-Billing dan E-Filing Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus Pada KPP Pratama Jakarta Duren Sawit). Jurnal Mahasiswa Akuntansi Unsurya, 1(1), 47–59.

Sukesi dan Isroim Yunaidah (2020). The Effect of Tax Socialization, Superior Service, and Service Quality on Taxpayers’ Satisfaction and Compliance Journal of Economics, Business, & Accountancy Ventura, 22(3), 347-359.

Situmeang, Mis Fertyno & Semy P. (2021). E-Filling Sysem Terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Peran Sosialisasi Perpajakan Sebagai Pemoderasi. Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) Ke-9.

Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sulbahri, R. A., & Kusuma, G. S. M. (2022). Pengaruh Penerapan E-Filling dan Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Kompetitif, 11(2), 14–24.

Sulistyono, H., & Mappanyukki, R. (2023). The Effect of Tax Morals and The Digitalized Tax System on Tax Compliance with Trust in The Government as A Moderating Variable. Dinasti International Journal of Digital Business Management, 4(2), 202–218.

Tambun, S., & Resti, R. R. (2022). Dampak Tax Planning dan Digitalisasi Layanan Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dimoderasi oleh Nasionalisme. Riset & Jurnal Akuntansi, 6(3), 3015–3026.

Tarigan, P. (2021). Pengaruh Tingkat Kesadaran Wajib Pajak dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Masa Pandemi Covid-19 Studi Kasus pada KPP Tigaraksa. Lensa Online, 1(1), 23-30.

Triogi, K. A., Diana, N., & Mawardi, M. C. (2021). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak, Pemahaman Peraturan Perpajakan dan Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara. E-JRA, 10(6), 77-83.

Wardani, D. K., & Wati, E. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Pengetahuan Perpajakan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen) (Studi Pada Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Pratama Kebumen). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.