FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MENGINAP DI HOTEL BERBINTANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi keputusan menginap di hotel berbintang. Faktor yang dianalisis antara lain fasilitas dan word of mouth. Responden dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di hotel. Teknik analisis data dengan model persamaan structural (SEM) modelling dengan AMOS seri 22. Hasil analisis menunjukan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap word of mouth dan keputusan menginap, begitupun juga word of mouth berpengaruh terhadap keputusan menginap. Selain itu kedudukan word of mouth mampu mendorong seseorang untuk mempercepat dalam pengambilan keputusan menginap yang di pengaruhi oleh fasilitas.
Keywords
Full Text:
XMLReferences
Anik Lestari A., (2013) Pengaruh Kualitas Layanan dan harga Terhadap Word of Mouth Dengan Kepuasan pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengunjung Timezone Plaza Surabaya), Buletin Ekonomi 11 (1), 1-86.
Bakhtiar HM, Rustam Effendi & Bobby Susanto. (2018). Pengaruh Fasilitas Dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap Di Hotel Bahagia Pangkalan BUN Kalimantan Tengah. Magenta, 6(2), 87–95.
Finora, R., & putra, T. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Keputusan Menginap di Hotel Daima Padang. Jurnal Pendidikan Dan Keluarga, 11(02), 65-73. doi:10.24036/jpk/vol11-iss02/643
Hartini, S. (2017). “Pengaruh Harga, dan Fasilitas Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang”. Tidak Dipublikasikan. Sekripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.
Henry Casandra Gultom, Ronal Dino Kuncoro & Heri Prabowo (2021). Pengaruh Harga, Fasilitas DanKualitas Pelayanan Terhadap Minat berkunjung Kembali Pada Hotel Chanti Semarang 2020. Jurnal Bisnis & Manajemen 7 (2), 118-125. http://dx.doi.org/10.47686/bbm.v7i2.410
Muttaqin, I., & Dhewi, Titis S., (2015. Pengaruh Fasilitas dan Lokasi Terhadap keputusan Menginap. Ekonomi Bisnis. 20 (2). 88-91. http://dx.doi.org/10.17977/um042v20i1p88-91
Novianti R., & Artanti Y. (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Word of Mouth Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu Manajemen 1 (1), 1-11.
Suarsa, Senny & Sugesti, Hesti & Sayuliawati, Cici. (2020). Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Pada Online Travel Agent (Ota) Traveloka Terhadap Keputusan Menginap Di Topas Galeria Hotel, Bandung. Eqien: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 7. 50-56. 10.34308/eqien.v7i1.112.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Manajemen, Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.