PENGARUH KOREAN WAVE, BRAND AMBASSADOR, BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE

Danang Satrio, Eliza Tri Ambawani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh korean wave, brand ambassador, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada e-commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna Shopee Indonesia yang pernah berbelanja melalui Shopee. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 responden dengan teknik penarikan sampel non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa korean wave berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, brand ambassador berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan brand image berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References

Chaerunisa, T., Mariam, I., & Hadikusuma, R. (2022). Analisis Pemanfaatan Korean Wave, Brand Ambassador, dan Strategi Creative Digital Marketing Pada Keputusan Pembelian Produk Lemonilo X NCT DREAM. 1–9. https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/9923/

Din Jannah, K. (2019). Perilaku Konsumen Generasi Z Terhadap Minat Beli Online Pada Market Place Shopee. https://repository.unikal.ac.id/66/

Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen (Issue December).

Harmadi, D. N., & Rizal, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Positive Word Of Mouth, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Dessert Box. Inovator: Jurnal Manajemen, 11(1), 26–34. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/INOVATOR/index

Ilaisyah, H. L., & Sulistyowati, R. (2020). Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Tokopedia. 8(3), 904–910. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/39989/34766

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: New Approaches to Creating and Evaluating Brand Equity. In Journal of Marketing (Vol. 58, Issue 3). https://doi.org/10.2307/1252315

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, Seventeenth Edition. In Pearson.

Laudon, K. C., & Traver, C. G. (2016). E-Commerce 2016 business, tecnology, sociey (12th ed.). In England: Britis Library Cataloguint-in.

Lita, R., & Cho, Y. C. (2013). The Influence Of Media On Attitudinal And Behavioral Changes: Acceptance Of Culture And Products. International Business & Economics Research Journal (IBER), 11(12), 1433. https://doi.org/10.19030/iber.v11i12.7617

Lubis, D. I. D., & Hidayat, R. (2017). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Sukma Medan. Ilman, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.4135/9781412983907.n1598

Nguyen, X. T. (2020). Factors that influence the intentions to revisit Korea of Vietnamese tourists. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(4), 247–258. https://doi.org/10.13106/JAFEB.2020.VOL7.NO4.247

Purnama, L. W., & Novitasari, D. (2022). BRAND IMAGE PEMEDIASI PENGARUH ADVERTISING DAN BRAND AMBASSADOR IDOL K-POP PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN DI TOKOPEDIA. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis Indonesia, 2(2), 418–435. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.810

Rahmadani, A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1), 59. https://doi.org/10.35917/tb.v22i1.225

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 286–298. https://doi.org/10.31843/jmbi.v5i2.168

Shofiyuddin, M., & Setiawan, N. R. (2023). PENGARUH INSTAGRAM MARKETING DAN BRAND AWARENES PERSPEKTIF ETIKA BISNIS ISLAM. 43–54. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/senesis/article/view/1679

Sterie, W. G., Massie, J. D. ., & Soepono, D. (2019). Pengaruh Brand Ambassador dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk PT. Telesindo Shop sebagai Distributor Utama Telkomsel di Manado. Emba, 7(4), 3139–3148. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/24200

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Sumarsono, H., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image), Kualitas Produk, Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Batik Mukti. ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 81. https://doi.org/10.24269/iso.v3i1.242

Sutiyono, R., & Hadibrata, B. (2020). The Effect Of Price, Brand Images, And After Sales Service Reinforced Bar Steel Products On Consumer Purchasing Decisions Of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel Marketing. 1(6), 945–967. https://doi.org/10.31933/DIJEMSS

Turban, E., King, D., Lee, J. K., Liang, T.-P., & Turban, D. C. (2015). Electronic Commerce A Managerial and Social Networks Perspective Eighth Edition, Revised Edition.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.