ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETIDAKMAMPUAN PENGAMBILAN PINJAMAN (STUDI KASUS USAHA BORDIR SEDAN REMBANG)

Damayanti Damayanti, Mudzakir Mudzakir

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu: untuk mengetahui apakah mis management, penggunaan kredit yang tidak sesuai, analisis kredit yang tidak akurat, nasabah memberi data yang fiktif dan kurangnya pengawasan dari pemberi kredit dapat berpengaruh terhadap ketidakmamuan pengembalian pinjaman pengusaha bordir Sedan Rembang. Selain itu ada tujuan lain yaitu untuk mengetaui faktor paling dominan yang mempengarui ketidakmampuan pembayaran pinjaman pengusaha bordire Sedan Rembang.

Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode daftar pertanyaaan kuesioner yang berupa angket. Selain itu juga dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang dilakukan adalah dengan uji regresi linier berganda dan uji Dominan

Hasil penelitian adalah ternyata tidak terdapat pengaruh mis management terhadap ketidakmampuan pengembalian pinjaman pengusaha bordir, terhadap pengaruh penggunaan kredit yang tidak sesuai, analisis kredit yang tidak akurat nasabah yang memberi data fiktif, dan kurangnya pengawasan dari pemberi kredit terhadap ketidakmampuan pengembalian pinjaman pengusaha bordir. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap ketidakmampuan pengembalian pinjaman pengusaha bordir adalah kurangnya pengawasan dari pemberi kredit.

 

Kata Kunci: mis management, penggunaan kredit, analisis kredit, data fiktif nasabah dan pengawasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.