PENGARUH DESENTRALISASI, KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN, DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA MANAJERIAL DENGAN SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada PD. BPR BKK Blora)

Ita Yutanti, Muhammad Tahwin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh desentralisasi, ketidakpastian lingkungan, dan teknologi informasi terhadapa kinerja manajerial yang mana sistem akuntansi manajemen sebagai variabel intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sampel dalam penelitian ini adalah PD. BPR BKK Blora dengan teknik sampel yang digunakan purposive sample dan jumlah sampel 53 responden. Teknik pengukuran variabel dengan menggunakan skala likert. Sedangkan analisis yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desentralisasi berpengaruh positif dantidak signifikan terhadap sistem akuntansi manajemen. Ketidakpastian lingkungandan teknologi informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap system akuntansi manajemen. Sistem akuntansi manajemen tidak mampu memediasi hubungan antara desentralisasi dan kinerja manajerial. Sistem akuntansi manajemen tidak mampu memediasi hubungan antara ketidakpastian lingkungan dan kinerja manajerial.
Kata Kunci: Desentralisasi, Katidakpastian Lingkungan, Teknologi Informasi, Kinerja manajerial, dan Sistem Akuntansi Manajemen.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.