PENINGKATAN STRATEGI BISNIS DIGITAL DALAM UPAYA UNTUK PROMOSI DAN INFORMASI BRANDING PRODUK BAGI PELAKU UMKM DI KABUPATEN SEMARANG
Abstract
Strategi yang digunakan para pelaku bisnis dalam memaksimalkan potensi aktivitas digital bisnis yang sedang dilaksanakan. Setiap pelaku bisnis atau perusahaan memiliki strategi digital bisnis yang berbeda-beda, disesuaikan pada kebutuhan dan tujuan yang ingin dicapai. suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet. Tujuan stategi bisnis adalah untuk menarik promosi dan informasi kepada konsumen dan calon konsumen secara cepat serta tepat. Seperti yang kita ketahui, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas, sehingga tidak heran jika kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh para UMKM. Sehingga para pelaku UMKM di desa Tratehmulyo Kecamatan Weleri saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya. Media Social telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat, seiring dengan peningkatan kepemilikan telpon genggam atau gawai lainnya. Fenomena ini menjadi peluang bagi UMKM untuk meningkatkan penjualan dengan menggunakan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan penjualan baik itu produk maupun jasa. Di era inovasi data yang sedang berlangsung, UMKM sangat mungkin bisa mengembangkan pasar dengan berjualan secara online, namun terbatasnya informasi tentang transaksi berbasis internet membuat potensi ini tidak dimanfaatkan dengan baik. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menganalisa dan mengetahui seputar tentang strategi digital bisnis untuk meningkatkan promosi dan informasi bagi pelaku UMKM.
Full Text:
PDFReferences
Setiadi, T., Fajri, L. R. H. A., & Ilhami, S. D. (2023). Penerapan Sistem Informasi Untuk survei Marketplace dalam Bisnis Keatif UMKM Berbasis E-commerce. Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, 2(2), 16-29.
Firmansyah, M. A. (2019). Penyusunan dan penyajian laporan keuangan berdasarkan standar akuntansi keuangan entitas mikro, kecil, dan menengah (Studi Kasus pada Toko Meubel Zulfa Galery). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 7(2), 1-19.
Campbell, S., Chong, S., Ewen, V., Toombs, E., Tzalazidis, R., & Maranzan, K. A. (2016). Social media policy for graduate students: Challenges and opportunities for professional psychology training programs. Canadian Psychology/Psychologie canadienne, 57(3), 202.
Setiadi, T., Wibawa, E. S., Sudirman, B., & Wijayanti, A. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN BRANDING UNTUK SOCIAL MEDIA MARKETING BAGI PELAKU UMKM KOTA PATI. Buletin Abdi Masyarakat, 4(2), 148-155.
Setiadi, T., Nurmana, A. H. B., Fajri, L. R. H. A., & Ilhami, S. D. (2023). IMPLEMENTASI DESAIN DIGITAL KREATIF UNTUK BRANDING PRODUK BERBASIS MOBILE UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11961-11969.
Setiadi, T., Rajendra, L., & Ilhami, S. D. (2023). PENERAPAN KONTEN DIGITAL UNTUK MENDUKUNG STATEGI PROMOSI UNTUK PELAKU UMKM KECAMATAN WELERI KABUPATEN KENDAL. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3837-3842.
Ilhami, S. D., & Setiadi, T. (2022). Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 5(2), 202-210.
Setiadi, T., Ilhami, S. D., Kusumasari, F. C., Slamet, A. H. B. N. M., Darnis, F., & Kusumajaya, R. A. (2024). PENINGKATAN KAPABILITAS MARKETING PELAKU USAHA MELALUI E-COMMERCE DAN DIGITAL PROMOTION DI KECAMATAN TLOGOWUNGU, KABUPATEN PATI. Jurnal Abdi Insani, 11(2), 1931-1941.
Rafiq, A. (2020). Dampak media sosial terhadap perubahan sosial suatu masyarakat. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 3(1), 18-29.
DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v5i1.717
Refbacks
- There are currently no refbacks.