PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) MELALUI INOVASI PRODUK FROZEN FOOD

Wulandari Dyah Pitaloka, Nova Adi Prihantara, Diefa Maulana Shaif Irmawan

Abstract


Pelaksanaan pengabdian masyarakat yang berfokus pada inovasi produk UMKM bertujuan mengembangkan produk yang inovatif untuk meningkatkan daya saing, memperluas pasar, dan meningkatkan pendapatan. UMKM Kebab Syifa 88 adalah UMKM yang bergerak pada penjualan kebab yang berdiri pada tahun 2023 oleh ibu Nafisyah Latiningrun yang terletak di ex stasiun lama kota Rembang. Permasalahan yang dihadapi UMKM adalah (1) Persaingan yang ketat, banyaknya pesaing produk serupa, dan kurangnya inovasi (2) Belum mempunyai desain labelling kemasan     (3) Belum mempunyai kemasan yang menarik (4) Buku menu / pricelist belum tercantum produk frozenfood (5) Akses pasar yang terbatas (6) Belum adanya labelling yang jelas dan informatif terkait cara penyajian produk. Berdasarkan permasalahan UMKM tersebut, maka program pendampingan usaha selama KKU diantaranya: (1) Membuat inovasi produk kebab Frozen Food, (2) Pembuatan desain labelling kemasan, (3) Inovasi packaging produk, (4) Penambahan menu frozenfood, (5) Peningkatan pemasaran melalui platform GrabFood, dan (6) Membuat petunjuk penyajian dengan kode QR.

 

Kata kunci: UMKM, Inovasi Produk, Frozen Food


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v5i1.703

Refbacks

  • There are currently no refbacks.