OPTIMALISASI PEMBAGIAN TUGAS DAN PENINGKATAN HUMAN CAPITAL DENGAN INTEGRASI SISTEM IOT DAN DIGITAL MARKETING DI RUMAH PRODUKSI MAKARONI ECHO POLL

Choirul Anam, Rangga Pahlevi Putra, Dian Candra Dewi, Niken Paramita

Abstract


Rumah Produksi Makaroni Echo Poll menghadapi tantangan dalam pengelolaan manajemen organisasi yang belum tertata dengan baik, terlihat dari distribusi tugas yang tidak merata di antara tujuh karyawan, di mana hanya satu yang bertugas menggoreng dan enam lainnya mengemas cemilan. Ketidakefisienan ini berdampak pada produktivitas dan pertumbuhan usaha. Pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengoptimalkan pembagian tugas dan meningkatkan human capital melalui integrasi sistem Internet of Things (IoT) dan strategi pemasaran digital di Rumah Produksi Makaroni Echo Poll. Pendekatan PkM ini menggunakan metode partisipatif dengan tahapan diagnosis masalah, perancangan sistem berbasis IoT, pelatihan human capital, dan implementasi strategi digital marketing. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dan survei kepada karyawan dan manajemen Rumah Produksi Makaroni Echo Poll. Hasil menunjukkan bahwa penerapan sistem IoT mampu meningkatkan efisiensi operasional dengan pemantauan real-time dan distribusi tugas yang lebih merata. Pelatihan human capital berhasil meningkatkan keterampilan karyawan, khususnya dalam bidang digital marketing, yang berdampak positif pada peningkatan penjualan. Integrasi sistem IoT dan strategi digital marketing secara signifikan meningkatkan efisiensi pembagian tugas dan kualitas human capital di Rumah Produksi Makaroni Echo Poll. Peningkatan ini berdampak langsung pada produktivitas dan daya saing usaha.


Full Text:

PDF

References


Aldholay, A. H., Isaac, O., Abdullah, Z., & Ramayah, T. (2018). The role of transformational leadership as a mediating variable in DeLone and McLean information system success model: The context of online learning usage in Yemen. Telematics and Informatics, 35(5), 1421–1437. https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.03.012

Baig, Z. A., Szewczyk, P., Valli, C., Rabadia, P., Hannay, P., Chernyshev, M., Johnstone, M., Kerai, P., Ibrahim, A., Sansurooah, K., Syed, N., & Peacock, M. (2017). Future challenges for smart cities: Cyber-security and digital forensics. Digital Investigation, 22, 3–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.diin.2017.06.015

Brock, J. K. U. (2019). Demystifying Ai: What digital transformation leaders can teach you about realistic artificial intelligence. California Management Review, 61(4), 110–134. https://doi.org/10.1177/1536504219865226

Brous, P., Janssen, M., & Herder, P. (2020). The dual effects of the Internet of Things (IoT): A systematic review of the benefits and risks of IoT adoption by organizations. International Journal of Information Management, 51, 101952. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.05.008

Chen, C. L., Lin, Y. C., Chen, W. H., Chao, C. F., & Pandia, H. (2021). Role of government to enhance digital transformation in small service business. Sustainability (Switzerland), 13(3), 1–26. https://doi.org/10.3390/su13031028

Dijkman, R. M., Sprenkels, B., Peeters, T., & Janssen, A. (2015). Business models for the Internet of Things. International Journal of Information Management, 35(6), 672–678. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2015.07.008

Djawahir, A. H., & Anam, C. (2018). Pemberdayaan Dalam Rangka Membangun Kinerja UKIN. In Mimbar Ilmu.

Hermawati, A., Anam, C., Suwarta, S., & Wulandari, W. (2023). Capaian Kinerja Pemasaran Berbasis Marketing Terintegrasi Melalui Analisis Path Pada Ukm Industri Pariwisata Di Jawa Timur. Equilibrium : Jurnal Ilmiah Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 12(2), 291. https://doi.org/10.35906/equili.v12i2.1611

Lee, I., & Lee, K. (2015). The Internet of Things (IoT): Applications, investments, and challenges for enterprises. Business Horizons, 58(4), 431–440. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2015.03.008

Lu, Y. (2017). Industry 4.0: A survey on technologies, applications and open research issues. Journal of Industrial Information Integration, 6, 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jii.2017.04.005

Michael E. Porter, & James E. Heppelmann. (2014). Spotlight on Managing The Internet of Things: How Smart, Connected Products a re Transforming Competition. Harvard Business Review, 3.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., & ... (2020). Penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT …. https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/article/view/844

Ray, P. P. (2017). Internet of things for smart agriculture: Technologies, practices and future direction. Journal of Ambient Intelligence and Smart Environments, 9(4), 395–420. https://doi.org/10.3233/AIS-170440

Sopanah, Anam, C., & Paramita, N. (2021). Peran Penting Pelatihan Digital Marketing dan Manajerial bagi UMKM Olahan Makanan Kecamatan Lowokwaru Malang. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2021), 1(1), 939–944. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3429%0Ahttp://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/download/3429/1869

Tambunan, T. T. H. (2011). Development of micro, small and medium enterprises and their constraints: A story from Indonesia. Gadjah Mada International Journal of Business, 13(1), 21–43. https://doi.org/10.22146/gamaijb.5492

Wedel, M., & Kannan, P. K. (2016). Marketing analytics for data-rich environments. Journal of Marketing, 80(6), 97–121. https://doi.org/10.1509/jm.15.0413

Zheng, T. (2021). The applications of Industry 4.0 technologies in manufacturing context: a systematic literature review. In International Journal of Production Research (Vol. 59, Issue 6, pp. 1922–1954). https://doi.org/10.1080/00207543.2020.1824085




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v5i1.697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.