PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA USAHA TUMPI ALMEERA DI DESA BAGAN KECAMATAN LASEM

Ming Ming Lukiarti, Nur Laili Jaziratun Nikmah, Rizka Oktavia Yunia Putri, Susanti Dwi Ilhami

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat bertujuan untuk membantu mengembangkan usaha menengah (UMKM) Tumpi “Almeera”.  Permasalahan yang dialami mitra yaitu: Permasalahan yang dihadapi oleh UMKM Tumpi “Almeera” diantaranya adalah: tidak memiliki papan nama sehingga membuat produk kurang dikenal oleh masyarakat luas, kurang optimal dari segi packaging dan kurangnya pengetahuan dalam strategi pemasaran online. Solusi yang disepekati antara mitra dan pelaksana pengabdian pada masyarakat ini yaitu: (1) Pembuatan papan nama atau banner (2) Pembuatan stiker kemasan,  (3) Pembuatan akun Facebook, (4) pembuatan google maps, (5) Pembuatkan kemasan baru. Hasil dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah dilaksanakan adalah pembuatan banner yang bertujuan agar masyarakat mengetahui adanya produk Tumpi “Almeera” serta media promosi supaya lebih dikenal masyarakat dan dapat meningkatkan penjualan. Pembuatan stiker kemasan produk bertujuan untuk membuat kemasan produk lebih menarik. Google maps yang memudahkan konsumen atau pelanggan untuk menuju tempat usaha. Pembuatan Akun Facebook bertujuan agar produk tidak hanya dikenal masyarakat sekitar tetapi juga masyarakat yang berada di luar desa. Pembuatan kemasan baru bertujuan untuk menambah variasi ukuran pengemasan pada pemasaran Tumpi “Almeria”.


Full Text:

PDF

References


Kotler, P., & Armstrong, G (2018). Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.

Rudijito, 2021, Pengertian UMKM,

https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/04/07/pengertian-umkm, 17 atau 05 atau 2023. 19:30:30

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.

Suryana. 2014. Kewirausahaan, Edisi IV. Jakarta: Salemba Empat




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v4i2.660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.