KESADARAN BERPOLITIK MENUJU DESA DEMOKRASI 2024 PADA MASYARAKAT DESA BENJOR KECAMATAN TUMPANG KABUPATEN MALANG

Abid Zamzami, Isdiyana Kusuma Ayu

Abstract


Terdapat beberapa keadaan yang mengurangi kesadaran berpolitik masyarakat untuk menuju desa demokrasi yaang maju akan pengetahuan dan perkembangan sesuai arus jaman yang hadir seperti sekarang ini, di Desa Benjor masyarakat tidak sepenuhnya berantusias menyabut demokarasi yang sesui perkembangan untuk menuju desa yang maju akan demokrasi, sehingga dengan tidak adanya partisipasi masyarakat akan berdampak pada terganggunya demokrasi dalam bernegara serta pada tingkat program kerja. Permasalahan dalam penelitian ini adanya tingkat pemahaman masyarakat Desa Benjor terhadap kesadaran berpolitik menuju desa demokrasi tahun 2024, Serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam menjemput arus demokrasi tahun 2024 di Desa Benjor Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitia yuridis empiris, dengan menggunakan pendekatan yuridis sosilogis. Hasil dalam penelitian ini memberikan pemahaman terhadap masyarakat dengan cara memberikan edukasi serta sosialisasi pendidikan politik agar tingkat kesadaran berpolitik bagi masyarakat dalam menyambut pesta demokrasi tahun 2024 lebih antusias dan membawa perubahan untuk Desa Benjor kedepanya.

Kata Kunci: Demokrasi, Politik, Masyarakat Desa.


Full Text:

PDF

References


A. Aco Agus, Dkk. (2020). Pengaruh Pengetahuan Politik Terhadap Tingkat Partisipasi Politik Mahasiswa Pada Pemilihan Presiden Tahun 2019-2024, Supremasi, Vol. 15, (No. 2). halaman. 113-114.

Ahmad Tanzeh. (2011). Metodologi Penelitian Praktis. Tulungagung: Teras.

Ayuni Nur Fatwa (2016). Pengaruh Kesadaran Politik Terhadap Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Bupati Tahun 2013 di Desa Paser Utara, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 4. (No. 4). halaman. 1616.

Gabriel Almond dan Sidney Verba. (1984). Budaya Politik: Tingkah Laku Politik dan Demorasi di Lima Negara. Penerjemah Sahat Simamara, Jakarta: PT Bina Aksara.

Lexy J. Moeloeng (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mariam Budiarjo. (1989). Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Miriam Budiardjo. (2008). Dasar-Dasar Ilmu Politik, Edisi Revisi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Rahman. (2007). Sistem Politik Indonesia, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surbakti Ramlan (2010). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v4i2.656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.