PENGEMBANGAN TEACHING FACTORY “BUSANA BUTIK” SMK SYAFII AKROM MELALUI PELATIHAN LITERASI DIGITAL MARKETING DAN PENGELOLAAN KEUANGAN

Ari Muhardono, Meliza Meliza

Abstract


SMK Syafii Akrom merupakan salah satu SMK di Kota Pekalongan yang lolos seleksi Program Hibah SMK Pusat Keunggulan Tahun 2022 untuk Program Studi Tata Busana. Program keahlian Tata Busana di SMK Syafi’i Akrom diarahkan untuk menguasai kompetensi keahlian Busana Butik. Prodi Tata Busana sudah mempunyai Produk Teaching Factory yang berupa Kebaya Wanita Modern. Berdasarkan survey pendahuluan masih terkendala dalam hal pemasaran yang belum optimal dan pengetahuan pengelolaan dan penyusunan laporan keuangan masih minim. Tujuan Kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu siswa dan guru dalam mengembangkan pemasaran produ Teaching Factroy Busana Butik melalui optimalisasi instagram marketing dan memberikan pengetahuan siswa dalam menyusun  laporan keuangan  sehingga pengelolaan keuangan Teaching Factory Busana Butik lebih baik. Metode  yang  digunakan  pada  kegiatan  ini mencakup  tahap  identifikasi permasalahan, analisis kebutuhan, pelaksanaan kegiatan, dan output hasil kegiatan. Hasil kegiatan ini adalah SMK Syafii Akrom telah mengoptimalkan Instagram Bisnis untuk pemasaran produk teaching factory, dan meningkatnya pengetahuan siswa tentang penyusunan laporan keuangan

Kata kunci : teaching factory, busana butik, instagram marketing, laporan keuangan


Full Text:

PDF

References


Direktorat SMK. (2022). SMK Pusat Keunggulan - Kemendikbudristek. Portal Informasi Program SMK Pusat Keunggulan 2023. https://smkpk.ditpsmk.net/

Fauzi, H. (2020). Pelatihan Manajemen Keuangan Bagi Pelaku Umkm Sebagai Upaya Penguatan Umkm Jabar Juara Naik Kelas. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 247–255. https://doi.org/10.31949/jb.v1i3.324

Fitrihana, N. (2017). Model Bisnis Kanvas Untuk Mengembangkan Teaching Factory Di Smk Tata Busana Guna Mendukung Tumbuhnya Industri Kreatif. Taman Vokasi, 2(2), 212. https://doi.org/10.30738/jtvok.v5i2.2526

Juvebri Clara Poli, Harijanto Sabijo, & Inggriani Elim. (2019). Analisis Laporan Arus Kas Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(3), 4096–4105.

Kasmir. (2012). Kewirausahaan (Edisi Revi). PT Raja Grafindo Persada.

Katadata.co.id. (2021). Pengguna Instagram. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 01(03), 359–368.

Nurtanto, M., Ramdani, S. D., & Nurhaji, S. (2017). Pengembangan Model Teaching Factory Di Sekolah Kejuruan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 467–483. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/447-454

Prasetya, B. (2020). Manajemen Teaching Factory Pada Era Industri 4 . 0 di Indonesia. Jurnal Bisnis & Teknologi, 12(01), 12–18. http://jurnal.pasim.ac.id/%0AManajemen

Putri., G. M. (2022, March 5). Panduan Instagram Marketing Lengkap bagi Bisnis. Lummo Shop. https://www.lummoshop.co.id/blog/panduan-instagram-marketing-lengkap-bagi-bisnis/

Rahmayuni, S. (2017). Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM. JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan), 1(1), 93. https://doi.org/10.32487/jshp.v1i1.239

Siswanto, I. (2011). Pelaksanaan Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi Dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional 2011 “Wonderfull Indonesia,” 77, 1–13.

Supra, D. (2019). Penerapan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik (Sak-Etap) Dalam Penyajian Laporan Keuangan. Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 2(2), 64. https://doi.org/10.51877/jiar.v2i2.83

Yus’ad afandi, A. (2019). Implementasi Teaching Factory Di SMK YPM 8 Sidoarjo. Seminar Nasional Dan Aplikasi Teknologi Di Industri, 7–11.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v3i2.552

Refbacks

  • There are currently no refbacks.