PENERAPAN GOOGLE WORKSPACE FOR EDUCATION MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BAGI GURU MTs. M3R REMBANG

A. Aviv Mahmudi, Agustina Widodo, Migunani Migunani, Bryan Adi Gunawan, Melia Maldani

Abstract


Teknologi dan informasi berkembang pesat di dunia pendidikan, terutama di sekolah mulai sekolah dasar sampai perguruan tinggi MTs Mu’allimin Mu’allimat Rembang (M3R) merupakan salah satu madrasah di kota Rembang dan menjadi salah satu madrasah tsanawiyah tertua di antara madrasah lain dibawah naungan Kementrian Agama. MTs. M3R sebagai institusi pun dituntut untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif, akan tetapi tidak semua guru/tenaga pendidik di belum paham betul mengenai inovasi terbaru yang harus dipakai untuk melakukan pembelajaran selama pandemi. Permasalahan yang dialami oleh mitra adalah model pembelajaran daring belum dapat dilakukan secara optimal karena kurangnya kemampuan guru-guru dalam mebuat konten/materi pembelajaran.  Metode yang digunakan pada program PkM memberikan pelatihan dan praktek serta pendampingan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah menggunakan goggle workspace. Luaran dalam program {PkM ini adalah Guru menguasai dan mampu membuat serta menggunakan media pembelajaran goggle workspace dan mengimplementasikannya untuk media pembelajaran.

 


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, M.A. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Google Workspace Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Selama Pandemi. Jurnal AL-Muta`Aliyah. Vol.02, No.02

Akcil, U., Uzunboylu, H., & Kinik, E. (2021). Integration of technology to learning-teaching processes and google workspace tools: A literature review. Sustainability (Switzerland), 13(9). https://doi.org/10.3390/su13095018

Anita, N, Puspitasari,T,D., dan Habibi, A. (2016). Pengembangan Dan Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran. Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Dana Boptn. ISBN: 978-602-14917-3-7

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. (2015). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis, Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 4, No. 1

Darmako, H. (2022). Perbandingan E-Learning Google Workspace For Education Dan Office 365 For Education Untuk Pembelajaran Online. Jurnal Ilmiah Indonesia. Vol. 7, No. 4

Ekayogi, I. W. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Workspace for Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar. Vol. 6, No. 2, pp. 433–452. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.495

Malikah, S., Fauziati, E., & Maryadi, M. (2022). Perspektif Connectivisme terhadap Pembelajaran Daring Berbasis Google Workspace For Education. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 4, No. 2, pp. 2050–2058. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2355

Rahmawati, S., Effendi, M. R., & Wulandari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Workspace Dengan Optimalisasi Akun Belajar.id. Paedagogie: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam. Vol. 3, No. 01, pp. 1–24. https://doi.org/10.52593/pdg.03.1.01

Palupi,t.m., & Tamela, E. (2022). Google Workspace for Education Training for Junior High School Teachers using Project-based Learning. Jurnal Panrita Abdi. Vol. 6, Iss. 3.

Widayati, W., (2021), Penerapan Model Pembelajaran Discovery Inquiri Berbasis Google Workspace for Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Literasi Digital. Vol 1 No. 3. https://doi.org/10.54065/jld.1.3.2021.58.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v3i2.551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.