PENGUATAN DIGITAL MARKETING DAN PENGUATAN KAPASITAS PRODUKSI PADA UMKM UD. SITI MARIYAM DI DUSUN KRAJAN 2, DESA GRABAG KABUPATEN MAGELANG

Friztina Anisa, Septi Wibowo, Tuturo Swasono, Ayudya Windhiasani Handarini, Shylvia Ratna Dewi

Abstract


Perubahan sistem pemasaran dari tradisional menjadi pemasaran digital untuk menghadapi era 5.0 memaksakan pihak UMKM untuk melakukan perubahan dalam sistem pemasaran produknya melalui media sosial dan E-Commerce. Berdasarkan hal tersebut masih banyak pelaku UMKM yang belum memahami digital marketing. Untuk itu, tujuan kegiatan ini memberikan pengetahuan dan pelatihan bagi UMKM tentang digital marketing bagi pemasaran dengan memanfaatkan marketplace dan e-commerce. Metode yang dilakukan yakni sosialisasibimbimgan teknologi dan peningkatan kapasistas produksi secara langsung kepada pelaku UMKM. Objekkegiatan merupakan pelaku UMKM Bolu Emprit UD. Siti Mariyam di Dusun Krajan 2 Desa Grabag Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang belum mengetahui sistem digital marketing untuk pemasaran. Hasil dari kegiatan pengabdian ini yakni pemilik UMKMmendapatkan tambahan ilmu dan pengetahuan mengenai pemasaran digital mulai dari pengertian, jenis, dan pemanfaatannya bagi pemasaran produk UMKM serta dapat meningkatkan kapasitas produksi dengan penambahan loyang.


Full Text:

PDF

References


Dermawan, W., Primawanti, H., Internasional, S. H., & Padjadjaran, U. (2020). Pemanfaatan E-Commerce bagi Pengembangan Produk UMKM. (September), 87–94.

Hasibuan, L. (2020), November 26). Putri Tanjung Beberkan Dampak Pandemi terhadap UMKM RI. CNBC Indonesia. Dikutip dari https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20201126200053-25-205012/putritanjung-beberkan-dampak-pandemi-terhadap-umkm-ri (pada 23/09/2022)

Katadata. (2020). Beralih ke Pemasaran Digital, Siasat UMKM Bangkit dari Krisis. Databoks.

Raditya, Dendy. (2022). Participatory Rural Appraisal. Dikutip dari https://chub.fisipol.ugm.ac.id/2022/02/14/participatory-rural-appraisal/ (pada 23/09/2022)

Tjiptono, F. (2011). Service, Quality, Satisfaction (3rd ed.). Jakarta: ANDI. Undang Undang No. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. (n.d.).




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/bam.v3i2.529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.