AKUNTABILITAS DAN TRANPARANSI PENGELOLAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL KESEHATAN (BOK) (Studi pada Puskesmas Bulili di Kota Palu)

Muhammad Din

Abstract


Novita Pratiwi, C 301 14 194, Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) (Studi pada Puskesmas Bulili di Kota Palu). Dibimbing oleh Muhammad Din, SE., M.Si., Ak selaku pemmbimbing I dan  Rahma Masdar, SE., MSi,. Ak slaku pembinbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan akuntabilitas dan transparansi dalam peneglolaan dana BOK di Puskesmas Bulili di Kota Palu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi menggunakan teknik purposive sampling.

Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) di Puskesmas Bulili telah melaksanakan prinsip-prinsip akuntabilitas dan transparansi pada pengelolaan dana BOK dengan baik. Temuan bentuk akuntabilitas pengelolaan dana BOK terbagi atas dua dimensi, yaitu Akuntabilitas Manfaat dan Akuntabilitas Keuangan. Program  bantuan operasional kesehatan sudah cukup transparan hal ini boleh dari cara pengolahan MINLOK dan POA yang mengaitkn semua staf puskesmas. Secara keseluruhan penerapan akuntabilitas dan transparansi di Puskesmas Bulili di Kota Palu sudah berjalan dengan baik dan dapat dikatakan telah lewat meelalui sukses, maupun sedang ada sbagian keluhan yang tengah mesti diperbaiki tiap tahapnya.


References


Bustami. 2011. Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitas. Erlangga Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 tahun 2014 tentang Puskesmas. Jakarta : Anonim.

Bodgan, Robert & Taylor, Steven J. 1993. “Kualitatif Dasar-dasar Penelitian”. Usaha Nasional. Surabaya.

Iskandar. 2009. “Metode Penelitian Kualitatif”. Penerbit Gang Persada. Jakarta.

Emzir. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif : Analisis Data”. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Moleong, Lexy J. 2012. “Metode Penelitian Kualitatif”. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nindito, Stefanus. 2005. “Fenomenologi Alfred Schutz : Studi tentang Konstruksi Makna dan Realitas dalam Ilmu Sosial”. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 2, Nomor 1, Yokyakarta.

Amrillah. 2019. “Analisis Akuntabilitas dan Transparansi Anggaran Bantuan Operasional Kesehatan Pada Puskesmas Kenten Palembang”. Skripsi : Program S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Palembang.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2021. “Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan (JUKNIS BOK) 2021”. Jakarta: Kemenkes RI.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara. No/26/M.PAN/2/201. Tentang Petunjuk Teknik Transparansi Dan Akuntabilitas Dalam Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Sugiyono. 2008. “Metode Penelitian Bisnis”. Salemba Empat, Jakarta.

Sugiyono. 2012. “Memahami Penelitian Kualitatif”. Alfabeta, Bandung.

Rusmawanti. 2017. “Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa Dalam Pembangunan Di Desa Sarudu, Kecamatan Sarudu, Kabupaten Mamuju Utara”. Jurnal Program Studi Akuntansi Universitas Tadulako.

Amrin Farzan, Ambo Sakka, Nurnia. 2015. “Studi Pembinaan Dan Pengawasan Program Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Muna”. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi (SNA). Kabupaten Muna.

Hidayah, Fajar. 2021. “Pengaruh Akuntabilitas Dan Transparansi Terhadap Kinerja Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) pada Puskesmas Tanjung”. Skripsi : Program S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal.

Atmojo, Ratih Warsito. 2015. “Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) (Studi Fenomenologi Pada Puskesmas Di Kota Palu)”. Skripsi : Program S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako.

Desy Fitria Ningsih. 2017. Analisis Akuntabilitas Dan Transparansi Program Operasional Kesehatan (BOK) Dalam Meningkatkan Efektivitas Puskesmas Rumbia Kabupaten Bombana Di Provinsi Sulawesi Tenggara.

Handry Mulyawan, Laksono Trisnantoro, Siti Noor Zaenab. 2012. Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Bantuan Operasional Kesehatan Di Dinas Kesehatan (Studi Kasus Di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lebong Tahun 2011)”.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32, Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39, Tahun 2008. Tentang Kementerian.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36, Tahun 2009, Tentang Kesehatan.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36, Tahun 2014, Tentang Tenaga Kesehatan.




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/jab.v9i1.583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing and Abstracking:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseView My Stats