PENGARUH PAJAK HOTEL, PAJAK RESTORAN, PAJAK HIBURAN, PAJAK REKLAME, PAJAK PENERANGAN JALAN, PAJAK PARKIR, PAJAK GALIAN C DAN PAJAK SARANG BURUNG TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN PATI

Sri Layla Wahyu Istanti

Abstract


Otonomi daerah menghendaki daerah untuk berkreasi dalam mencari sumber penerimaan yang dapat membiayai pengeluaran pemerintah daerah dalam rangka menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan. Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemerintah Kabupaten Pati yang terdiri dari pendapatan pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah realisasi Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Galian C, Pajak Sarang Burung dan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Pati. Periode penelitian dari tahun 2003-2014 dikarenakan pajak daerah yaitu Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Galian C dan Pajak Sarang Burung mulai diberlakukan di Kabupaten Pati mulai tahun 2003. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda.

       Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Parkir terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Pati, sedangkan variabel Pajak Reklame, Pajak Galian C dan Pajak Sarang Burung tidak terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Pati. Besarnya Adjusted R Square adalah 0,921 atau 92,1% berarti kemampuan variable Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Hiburan, Pajak Reklame, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Galian C dan Pajak Sarang Burung variasi variabel Pendapatan Asli Daerah sebesar 92,1%, sedangkan sisanya 7,9% dijelaskan oleh faktor yang lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

 

Kata kunci :         Pajak, Pendapatan Asli Daerah, Otonomi Daerah.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.47686/jab.v2i01.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing and Abstracking:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseView My Stats