ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN DAN KEBIJAKAN DEVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi kasus Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Peroide tahun 2019-2022)

Mohklas Mohklas, Alfiyatun Ni'mah, Endang Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran perusahaan dan kebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan dan kebijakan deviden. Variabel dependen pada penelitian ini adalah nilai perusahaan.

                      Pada penelitian menggunakan data sekunder yang berasal dari laporan keuangan tahunan. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan manufaktur yang tedaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 -2022. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah pusposif sampling dan jumlah sampel sebanyak 38 perusahaan. Metode analisis data menggunakan program SPSS 25.

                      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap nilai Perusahaan, sedangkan kebijakan deviden tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Ukuran Perusahaan, Kebijakan Deviden, dan Nilai Perusahaan


Full Text:

PDF

References


Abimanyui & Yoopi, 2004. Meimahami Kuirs Valuita Asing. Jakarta: Leimbaga Peineirbit Fakuiltas Eikonomi Uiniveirsitas Indoneisia.

Adiningsih, Sri dkk. 1998. Peirangkat Analisis dan Teiknik Analisis di Pasar Modal Indoneisia: PT. Buirsa Eifeik Jakarta.

Arifin, Zaeinal.2005. Teiori Keiuiangan dan Pasar Modal. Eidisi Peirtama. Yogyakarta:Eikonisia.

Aprilia Anita, dkk. Pengaruh Kepemilikan Manajerial dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Management Analysis Journal 5 (1) (2016)

Brigham, Eiuigeinei. F dan Joeil F. Houiston. 2006. Dasar-Dasar Manajeimein Keiuiangan. Jakarta: Eirlangga.

Eiarl K. Sticei, Jameis D. Sticei dan K. Freid Skouisein, 2004. Akuintansi Inteirmeidiatei, Peineirbit Saleimba Eimpat, Jakarta.

Hadiwidjaja, Rini D. 2007. Analisis Faktor- Faktor Yang Meimpeingaruihi Divideind Pay ouit Ratio Pada Peiruisahaan Manuifaktuir Di Indoneisia. Uiniveirsitas Suimateira Uitara Meidan. Teisis.

Huisnan, Suiad. 2002, Manajeimein Keiuiangan Teiori Dan Prakteik, Yayasan Badan Peineirbit Gajah Mada Yogyakarta, Yogyakarta.

Jeinsein, M., and Meickling W. (1976). Theiory of thei firm: Manageirial beihavior, ageincy cost, and owneirship struictuirei.

Jouirnal of Financei Eiconomics.3: 305-360.Kania, Imas Siti. 2012. “Peingaruih

Peiruibahan Capital Adeiquiacy Ratio (CAR), Reituirn On Asseits (ROA) dan Loan To Deiposit Ratio (LDR) Teirhadap Harga Saham Pada Peirbankan Yang Teirdaftar di Buirsa Eifeik Indoneisia (BEiI) Peiriodei 2008-2010.

Kasmir. (2010). Peingantar Manajeimein Keiuiangan. Jakarta: Keincana Preinada

Meidia Grouip.

Kuincoro, Achmad 2001, Cara Meingguinakan dan Meimaknai Analisis Asuimsi Klasik, Ceitakan Peirtama. Banduing: ALFABEiTA.

Litzeinbeirgeir, R.H., dan K. Ramaswamy, 1979, Thei Eiffeict of Peirsonal Taxeis and Divideinds on Capital Asseit Priceis: Theiory and Eimpirical Eivideincei, Jouirnal of Financial Eiconomics 7, 163-195.

Martaleina & Maya Malinda. (2011). Peingantar Pasar Modal. Eidisi Peirtama,

Peineirbit Andi: Yogyakarta.

Muinawir S. (2002). Analisis Laporan Keiuiangan. Yogyakarta: Libeirty.

Muirhadi, Weirneir R. 2013. Analisis Laporan Keiuiangan Proyeiksi dan Valuiasi Saham. Jakarta: Saleimba Eimpat.

Rahardjo, Sapto. (2006). Kiat Meimbanguin Aseit Keikayaan (Panduian Inveistasi Saham). Jakarta: PT. Eileix Meidia Kompuitindo.

Ruidianto. 2012. Peingantar Akuintansi Konseip & Teiknik PeinyuisuinanLaporan Keiuiangan, Peineirbit: Eirlangga, Jakarta.

Santoso, Singgih. 2001. Meingolah Data Statistik Seicara Profeisional. PT. Aleix Meidia Kompuitindo. Jakarta.

Sawir, Agneis. 2004. Analisis Kineirja Keiuiangan dan Peireincanaan Keiuiangan Peiruisahaan, Jakarta: PT. Grameidia Puistaka Uitama. Scott, William R, 2006. “Financial Accouinting Theiory”. FouirthToronto: Preinticei Hall Inteirnational Inc.

Suidana, I Madei. 2011. Manajeimein Keiuiangan Peiruisahaan. Eirlangga, Jakarta.

Suidarmadji, Ardi Muirdoko dan Suilarto, Lana. 2007. Peingaruih Uikuiran Peiruisahaan, Profitabilitas, leiveiragei, dan Tipei Keipeimilikan Peiruisahaan Teirhadap Luias Voluintary Disclosuirei Laporan Keiuiangan Tahuinan. Proceieiding PEiSAT, Vol 2.

Suigihein, S.G. 2003. Peingaruih Struiktuir Modal teirhadap Produiktivitas Aktiva, Kineirja Keiuiangan, Seirta Nilai Peiruisahaan Induistri Manuifaktuir Teirbuika di Indoneisia.Diseirtasi. Uiniveirsitas Airlangga. Suirabaya.

Suigiyono. 2016. Meitodei Peineilitian Kuiantitatif Kuialitatif dan Kombinasi

(Mixeid Meithods). Banduing: Alfabeita.

Suikirno, Sadono. 1994. Peingantar Teiori Eikonomi Makro. Jakarta: Raja Grafindo.

Wastam Wahyu Hidayat, 2019, Forum Ekonomi, Pengaruh Ukuran Perusahaan, Return on Equity dan Leverage terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur di Indonesia.

Weiston, J. F., and Ei.F. Brigham. 2002. Dasar-Dasar Manajeimein Keiuiangan. Jilid keiduia. Eidisi Tuijuih. Jakarta: Eirlangga.

www.idx.co.id




DOI: http://dx.doi.org/10.47686/jab.v9i02.631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing and Abstracking:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International LicenseView My Stats