KEPUASAN PELANGGAN DITINJAU DARI KUALITAS PRODUK, DESAIN PRODUK DAN PROMOSI

Heri Prabowo, Henry Casandra Gultom

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena empiris dan fenomena penelitian terdahulu. Dari sumber literasi yang ada, data penjualan smartphone merek Vivo masih berada di bawah Samsung dan Oppo. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh desain produk, kualitas produk dan promosi terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah populasi yang tidak dan jumlah sampel sebanyak seratus responden dengan kategori sampel adalah pelanggan smartphone merek Vivo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh desain produk terhadap kepuasan pelanggan. Begitu pula dengan kualitas produk menunjukkan adanya pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya promosi berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan terhadap produk smartphone merek Vivo adalah promosi, diikuti oleh desain produk dan kualitas produk.

Keywords

Desain Produk, Kualitas Produk, Promosi, Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References

Akakip, F. E. D., Ariwijaya, H., & Milang, I. (2023, December 17). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Santika Luwuk. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1), 485-500. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.9.1.485-500.2023

Andika, R., Kusnadi, E.,& Wiryaningtyas, D.P. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen dengan Keputusan Pembelian Sebagai Variabel Intervening pada Toko Sembako Barokah Dibesuki Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur, 1 (2), 810-830.

Anisa, F., & Manurung, H. P. (2021, November 30). Pengaruh Desain, Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Sepeda Motor Yamaha N-Max (Studi kasus pada masyarakat Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batu Bara). Jurnal Ekonomika dan Bisnis, 8(2), 179-192.

Ardiansyah, D., & Saputri, M. E. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian sebagai Variabel Intervening pada Pengguna Go-Food di Kota Bandung. JEMI:

Refbacks

  • There are currently no refbacks.