PERILAKU IMPULSIVE BUYING PADA LIVE STREAMING COMMERCE
Abstract
Abstrak
Shopee memiliki berbagai macam fitur yang menarik bagi pengguna salah satunya yaitu Live Streaming. Live streaming atau siaran langsung adalah sebuah komunikasi real-time antara streamer atau host dengan pengguna. Perilaku impulsif juga disebabkan dengan adanya potongan harga yang diberikan oleh penjual. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif. Sumber data penelitian yaitu data primer seperti kuesioner dan observasi lapangan serta data sekunder terdiri dari artikel, buku, sumber internet. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa dan pengguna shopee sedangkan sampel penelitian adalah pernah melalukan pembelian melalui shopee Live Streaming minimal 2 kali dengan jumlah 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu Non Probability Sampling dengan jenis Purposive Sampling. Penelitian ini menggunakan jenis skala likert dengan 5 skor penilaian. Pengukuran instrumen kuesioner dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas serta pengujian hipotesis dengan metode Structural Equation Model dengan menggunakan alat analisis data Smart PLS. Hasil penelitian ini melihat pengaruh seseorang dalam perilaku impulsif saat melihat live streaming Shoppee ditemukan bahwa paling tinggi dipengaruhi oleh time limit promotion
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, J. L. (1997). Dimensions of Brand Personality. Journal of Marketing Research, 34(3), 347–356. sci-hub.do/10.1177/002224379703400304
Agung, A. A., & Yuesti, A. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. AB Publisher. Yogyakarta.
Andriani, M. (2023). Pengaruh Flash Sale Dan Live Streaming Terhadap Repurchase Intention Melalui Impulsive Buying Sebagai Variabel Intervening (STUDI KASUS PADA PENGGUNA SHOPEE) SKRIPSI. In Journal of Engineering Research.
Cai, J., & Wohn, D. Y. (2019). Live streaming commerce: Uses and gratifications approach to understanding Consumers’ motivations. Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2019-Janua, 2548–2557. https://doi.org/10.24251/hicss.2019.307
Dai, Q., & Cui, X. (2022). The influence and moderating effect of trust in streamers in a live streaming shopping environment. Journal of University of Science and Technology of China, 52(2). https://doi.org/10.52396/JUSTC-2021-0219
Fitryani, S. N., Aditya, & Aristyanto, E. (2021). Peran impulsive buying saat live streaming pada masa pandemi Covid-19 (Studi kasus e-commerce Shopee). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(2), 542–555. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/index
Hanna, R. C., Swain, S. D., & Berger, P. D. (2016). Optimizing time-limited price promotions. Journal of Marketing Analytics, 4(2–3), 77–92. https://doi.org/10.1057/s41270-016-0006-y
Ipsos Global Trends 2021. 2021. “Belanja Online dan Produk Lokal Dominasi Pilihan Konsumen Indonesia” Siara Pers Ipsos, https://www.ipsos.com/sites/default/files/ct/news/documents/2021-12/%5BPress%20Release%5D%20Ipsos%20Global%20Trends%202021%20-%20Belanja%20Online%20dan%20Produk%20Lokal%20Dominasi%20Pilihan%20Konsumen%20Indonesia.pdf, diakses pada 6 November 2023
Jang, W. E., Ko, Y. J., Morris, J. D., & Chang, Y. (2015). Scarcity Message Effects on Consumption Behavior: Limited Edition Product Considerations. Psychology and Marketing, 32(10), 989–1001. https://doi.org/10.1002/mar.20836
Liu, G. H. W., Sun, M., & Lee, N. C. A. (2021). How can live streamers enhance viewer engagement in eCommerce streaming? Proceedings of the Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 2020-Janua, 3079–3089. https://doi.org/10.24251/hicss.2021.375
Lou, C., & Yuan, S. (2019). Influencer Marketing: How Message Value and Credibility Affect Consumer Trust of Branded Content on Social Media. Journal of Interactive Advertising, 19(1), 58–73. https://doi.org/10.1080/15252019.2018.1533501
Luo, H., Cheng, S., Zhou, W., Yu, S., & Lin, X. (2021). A study on the impact of linguistic persuasive styles on the sales volume of live streaming products in social e-commerce environment. Mathematics, 9(13), 1–22. https://doi.org/10.3390/math9131576
Populix. 2023. “Survei Populix: E-commerce Masih Jadi Pilihan untuk Belanja Produk Elektronik, Rumah Tangga, dan Kesehatan”. https://info.populix.co/articles/platform-e-commerce/, diakses pada 10 Desember 2023
Rahmatin, T. A., & Aga, O. N. L. (2023). Pengaruh Potongan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Pada Pengguna E-Commerce Shopee Pada Perumahan Cluster Alamanda Bekasi. SMART Jurnal Manajemen, 4(1), 31–37. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Rai, D., (Wilson) Lin, C. W., & Jiraporn, N. (2021). The impact of scheduling styles on time-limited promotions: The moderating role of redemption frames. Journal of Business Research, 135(September 2019), 774–786. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.06.056
Scheibe, K., Fietkiewicz, K. J., & Stock, W. G. (2016). Information Behavior on Social Live Streaming Services. Journal of Information Science Theory and Practice, 4(2), 6–20. https://doi.org/10.1633/jistap.2016.4.2.1
Sinaga, Y. E., & Marpaung, N. (2023). Pengaruh Visual Merchandising Dan Potongan Harga Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Matahari Plaza Medan Fair). Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 3(1), 83–97.
Suhyar, S. V., & Pratminingsih, S. A. (2023). Skintific Skincare Products Pengaruh Live Streaming dan Trust terhadap Impulsive Buying dalam Pembelian Produk Skincare Skintific. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 1427–1438.
Sung, Y., Choi, S. M., Anh, H., & Song, Y.-A. (2015). Dimensions of Luxury Brand Personality: Scale Development and Validation. Psychology & Marketing, 32(1), 121–132. https://doi.org/10.1002/mar
Sutisna. (2002). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya.
Widiyawati, R. A., & Patrikha, F. D. (2023). Pengaruh Time Limit Marketing dan Viral Marketing Strategy Terhadap Impulsive Buying Pada Pengguna Aplikasi Social Commerce. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2), 1–13.
Wu, Y., Xin, L., Li, D., Yu, J., & Guo, J. (2020). How does scarcity promotion lead to impulse purchase in the online market? A field experiment. Information Dan Management, 58(1), 103283
Xu, X., Wu, J. H., Chang, Y. T., & Li, Q. (2019). The investigation of hedonic consumption, impulsive consumption and social sharing in e-commerce live-streaming videos. Proceedings of the 23rd Pacific Asia Conference on Information Systems: Secure ICT Platform for the 4th Industrial Revolution, PACIS 2019.
Yulius, A., Aprillia, A., Bisnis, F., Maranatha, U. K., Impulsif, P., & Buying, I. (2023). Pengaruh Live Streaming Terhadap Pembelian. 8(4), 809–821.
Zhou, A. (2021). Effect of Live Streaming on Consumer Impulsive Purchase Behavior. Tourism Management and Technology Economy, 4(4), 44–48. https://doi.org/10.23977/tmte.2021.040208
Refbacks
- There are currently no refbacks.