DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PENGGUNA APLIKASI SHOPEE
Abstract
Maksud riset ini ialah untuk investigasi faktor pengaruh keputusan pembelian online pada pengguna aplikasi Shopee. Faktor tersebut terdiri dari Islamic advertising etnics, psikologi konsumen dan lingkungan sosial. Riset ini menerapkan teknik kuantitatif dan dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 21. Sampel diambil dengan purposive sampling method maka didapat 110 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada para pengguna Shopee di Lombok Timur secara online melalui WhatsApp. Data dianalisis melalui beberapa tahap pengujian. Alhasil riset ini menunjukkan Islamic advertising etnics dan Psikologi Konsumen berdampak signifikan dan positif pada keputusan pembelian online, tetapi lingkungan sosial belum mempunyai pengaruh pada keputusan pembelian online. Riset ini dapat menjadi bahan acuan bagi perusahaan untuk selalu bisa mempertahankan aspek Islamic advertising etnics dan psikologi konsumen dalam merancang dan menentukan kebijakan marketing yang efektif dan efisien.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian; Shopee; Islamic Advertising Etnics; Psikologi Konsumen; Lingkungan Sosial
Abstract
The purpose of this research is to investigate factors influencing online purchasing decisions on Shopee application users. These factors consist of Islamic advertising ethnicity, consumer psychology and social environment. This research applied quantitative techniques and was analyzed using IBM SPSS version 21. The sample was taken using a purposive sampling method so that 110 respondents were obtained by distributing questionnaires to Shopee users in East Lombok online via WhatsApp. Data was analyzed through several stages of testing. As a result, this research shows that Islamic advertising ethnicity and consumer psychology have a significant and positive impact on online purchasing decisions, but the social environment does not yet have an influence on online purchasing decisions. This research can be a reference material for companies to always be able to maintain aspects of Islamic advertising ethnicity and consumer psychology in designing and determining effective and efficient marketing policies.
Keywords: Purchase Decision; Shopee; Islamic Advertising Ethnics; Consumer Psychology; Social environment
Full Text:
PDFReferences
Afif, N. S. (2020) ‘Pengaruh Lingkungan Sosial, Budaya dan Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Kota Bogor’, Jurnal Syntax Transformation, 1(10), pp. 733–737.
Amelia, S. and Fitria, E. (2018) ‘Pengaruh Karakteristik Individu dan Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Kota Langsa (Studi Kasus pada Rumah Susu dan Pampers Paseh Swalayan)’, JENSI: urnal Penelitian Ekonomi Akuntansi, 2(1), pp. 19–32.
Arbak, S., Islam, R. and Al Rasyid, H. (2019) ‘Influence of Islamic Advertising: Ethic Violation on Customer Purchase Intention of Halal Cosmetic Products in Malaysia’, Humanities and Social Sciences Reviews, 7(3), pp. 671–682. doi: 10.18510/hssr.2019.7398.
Azizah, M. (2013) ‘Etika Perilaku Periklanan Dalam Bisnis Islam’, JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 3(1).
Diani, S., Febianti, Y. N. and Tiharita, R. (2022) ‘Determinan Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Belanja Online Di Desa Setupatok Kecamatan Mundu Cirebon)’, EKUITAS, 10(1), pp. 49–55.
Fadillah, A. and Tifani, N. (2018) ‘Pengaruh Lingkungan Sosial, Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian iPhone di Kota Bogor’, Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 6(1), pp. 9–16. doi: 10.37641/jimkes.v6i1.31.
Fauzie, D., Yulianto, E. and Sunarti, S. (2016) ‘PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen KFC Cabang Mall Olympic Garden Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 40(1).
Hanif, H. (2018) ‘Landasan Syariah Dalam Etika Periklanan’, NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam, 4(1), pp. 84–96.
Harun, A. and Salmah, N. N. A. (2020) ‘Determinan Keputusan Pembelian Pelanggan Berdasarkan Kepercayaan dan Kemudahan Melalui Aplikasi Shopee’, Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(2), pp. 114–126.
Kaniawati, K. (2019) ‘Analisis Pengaruh Psikologi Konsumen Dan Etnosentrisme Terhadap Minat Beli Konsumen Sepatu Di Cibaduyut Bandung (Studi Kasus Konsumen Diana Shoes Bandung)’, Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 3(2).
Maulana, S. M., Susilo, H. and Riyadi (2015) ‘Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online Pada Toko Pastbrik Kota Malang’, JAB: Jurnal Administrasi, 29(1), pp. 1–9.
Nurgianto, B., Worang, F. G. and Lumanauw, B. (2021) ‘Analisis Pengaruh Faktor Psikologis terhadap Keputusan Konsumen untuk Membeli Berita Tribun Manado di Kota Manado’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), pp. 537–550. doi: 10.37905/aksara.7.2.537-550.2021.
Nurhaliza and Sri Rakhmawati (2022) ‘Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee’, JUKIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), pp. 10–19.
Primadana, E. and Sudaryanto, B. (2022) ‘Pengaruh Periklanan Bercitra Religius Dalam Menentukan Keputusan Pembelian Produk Sunsilk Hijab Refresh Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Interventing Pada Mahasiswa Univesitas Diponegoro Semarang’, Diponegoro Journal of Management, 11(3), pp. 1–13.
Purnama, F. A. and Safira, A. (2017a) ‘Investigating Islamic advertising ethics: Perceptions of Indonesian Muslims’, Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 5(2).
Purnama, F. A. and Safira, A. (2017b) ‘Investigating Islamic Advertising Ethics: Perceptions of Indonesian Muslims’, Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 5(2), pp. 43–57. doi: 10.24191/jeeir.v5i2.8803.
Puspita, I., DH, A. F. and Hidayat, K. (2015) ‘Pengaruh Atribut Produk Terhadap Psikologis Konsumen Yang Berdampak Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Kapal Api’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 25(1).
Raharja, S. W., Arifin, Z. and Wilopo (2013) ‘Pengaruh psikologi konsumen terhadap keputusan pembelian’, Jurnal Administrasi Bisnis, 3(1).
Rahmidani, R. (2015) ‘Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan’, in SNEMA: Seminar Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, pp. 344–352.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjahjono, A., Semuel, H. and Karina, R. (2013) ‘Analisa Marketing Mix , Lingkungan Sosial , Psikologi Online Pakaian Wanita’, Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 1(2), p. 2013.
Zulkifli et al. (2019) ‘Pengaruh Periklanan Islami Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Hijab Sunsilk Clean and Fresh Pada Mahasiswi Universitas Islam Riau’, JOMB: Journal of Management and Bussines, 1(1), pp. 59–73. doi: 10.31539/jomb.v1i1.604.
Refbacks
- There are currently no refbacks.