MENINGKATKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI VIRAL MARKETING, BRAND AMBASSADOR DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA (STUDI KASUS PADA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE)

Wisnu Purnomo, Muinah Fadhilah, Agus Dwi Cahya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh viral marketing, brand ambassador dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada pengguna aplikasi shopee). Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mencari hubungan assosiatif yang bersifat kausal. Sampel dari penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee yang berada di Provinsi D.I. Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel memakai teknik nonprobability sampling serta jenis yang dipakai yaitu dengan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diberikan secara online melalui google form. Jumlah responden dalam penelitian ini ada 171 orang. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa viral marketing (X1), brand ambassador (X2) dan kepercayaan konsumen (X3) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) yang didukung oleh pengujian analisis regresi linear berganda dengan persamaan Y = 0,393 X1 + 0,162 X2 + 0,395 X3 + e dan uji t dengan nilai signifikansi tiap variabel bebas kurang dari 0,05. Variabel viral marketing (X1), brand ambassador (X2) dan kepercayaan konsumen (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Hal itu didukung oleh uji F dengan nilai signifikansi 0,00 dan hasil perhitungan koefisien determinasi (Adjust R Square) diperoleh nilai sebesar 81,5%.

Kata kunci: viral marketing, brand ambassador, kepercayaan konsumen, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.