DETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DI MINIMARKET: STUDI PADA KONSUMEN INDOMARET DI KUDUS

Anindita Evelyn Jessica Putri, Audrey Jennifer Octavatiya

Abstract

ABSTRACT

The following study aims to analyze the effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Composition on Purchasing Decisions in minimarkets. With the predicted increase in consumption of halal products in Indonesia, consumers need to pay attention on several factors before deciding to buy products. The existence of halal certification makes the product more convincing to buy. The high awareness of halal consumers helps in the purchase decision process, and the inclusion of product composition makes consumers not hesitate to buy it. This study used Structural Equation Modeling (SEM) analysis with AMOS26 software. The following study used purposive sampling, which is based on criteria determined by researchers to obtain samples in non-probability sampling techniques and obtained 125 respondents. This study done by distributed questionnaires that were assessed by likert scale measurements. The results are Halal Certification did not affect the Purchasing Decision, while Halal Awareness and Product Ingredients has a significant positive effect on the Purchasing Decision. Consumers should pay more attention to halal certification on products, have good halal awareness and still pay attention to the composition of the product on the packaging before deciding to buy.

 

Keywords: Halal Certification, Halal Awareness, Product Ingredients, Purchasing Decision, Structural Equation Modelling (SEM) AMOS.

 

ABSTRAK

Penelitian berikut bertujuan untuk menganalisis pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal dan Komposisi Produk terhadap Keputusan Pembelian produk di minimarket. Dengan adanya prediksi kenaikan konsumsi produk halal di Indonesia, konsumen perlu memerhatikan beberapa faktor sebelum memutuskan untuk membeli produk. Adanya sertifikasi halal membuat produk lebih meyakinkan untuk dibeli. Tingginya kesadaran halal konsumen membantu dalam proses keputusan pembelian, serta tercantumnya komposisi produk membuat konsumen tidak ragu untuk membelinya. Penelitian ini menggunakan analisis Structural Equation Modelling (SEM) dengan software AMOS26. Penelitian berikut menggunakan purposive sampling, yakni berdasarkan kriteria yang telah ditentukan oleh peneliti untuk mendapatkan sampel dalam teknik non-probability sampling dan diperoleh 125 responden. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner yang dinilai dengan pengukuran skala likert. Hasil penelitian menunjukkan Sertifikasi Halal tidak berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, sedangkan Kesadaran Halal dan Komposisi Produk berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Konsumen hendaknya lebih memerhatikan sertifikasi halal pada produk, memiliki kesadaran halal yang baik serta tetap memerhatikan komposisi produk pada kemasan sebelum memutuskan untuk membeli.

 

Kata kunci: Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Komposisi Produk, Keputusan Pembelian, Structural Equation Modelling (SEM) AMOS.

Keywords

Halal Certification, Halal Awareness, Product Ingredients, Purchasing Decision, Structural Equation Modelling (SEM) AMOS

Full Text:

PDF

References

Amalia, A., & Markonah, M. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Wardah di Jakarta. Perbanas Journal of Islamic Economics and Business, 2(2), 157. https://doi.org/10.56174/pjieb.v2i2.49

Asqalani Rifai, M. S., Nurhidayat, W., Prianka, W. G., Salsabila, F. L., & Nabilah, S. S. (2022). Pengaruh Halal Awarness, Sertifikasi Halal dan bahan makanan Halal terhadap keputusan pembelian produk makanan di Era Pandemic Covid-19. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(4), 1563–1576. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2566

Budiman, F. (2020). Sertifikasi Halal Bagi Masyarakat Kabupaten Boyolali Jawa Tengah (Studi Tentang Keputusan Pembelian Produk Herbal Penawar Alwahida Indonesia). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 379. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i2.1192

Dewi, W. W. A., Febriani, N., Destrity, N. A., Tamitiadini, D., Illahi, A. K., Syauki, W. R., Avicenna, F., Avina, D. A. A., & Prasetyo, B. D. (n.d.). Teori Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (V). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitri Isdiana, & Susiana. (2020). Pengaruh Labelisasi Halal dan Komposisi Bahan Makanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Kerupuk Cabe Mai Satun pada Masyarakat Muslim Kota Dumai. Al-Hisbah Jurnal Ekonomi Syariah, 1(2), 25–38.

https://doi.org/10.57113/his.v1i2.81

Fitriyani, Husaeni, U. A., Jayengsari, R., & Faisal, F. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Halal Pada Mahasiswa Ptkis Di Kabupaten Cianjur. MARO: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 6(1). https://doi.org/10.31949/maro.v6i1.3968

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural, Konsep Dan Aplikasi Dengan Program AMOS 24 Update Bayesian SEM (VII). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hypeabis. (2023). Riset 93 Persen Masyarakat Indonesia Pertimbangkan Logo Halal Sebelum Beli Produk.https://hypeabis.id/read/23794/riset-93-persen-masyarakat-indonesia-pertimbangkan

-logo-halal-sebelum-beli-produk

Kata Data Media Network. (2022). Konsumsi Produk Halal Tiap Sektor di Indonesia Diproyeksikan Meningkat Pada 2025. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/15/konsumsi-produk-halal-tiap-sektor-indonesia-diproyeksikan-meningkat-pada-2025

Kementerian Agama. (2022). Jumlah Penduduk Menurut Agama.

https://doi.org/https://satudata.kemenag.go.id/dataset/detail/jumlah-penduduk-menurut-agama

Kotler, P., Kertajaya, H., & Setiawan, I. (2021). Marketing 5.0: Technology for Humanity. John Wiley & Sons.

Kumparan. (2023). Survei Populix: 1 dari 3 Muslim di Indonesia Beli Produk Tanpa Logo Halal.

https://kumparan.com/kumparannews/survei-populix-1-dari-3-muslim-di-indonesia-beli-produk-tanpa-logo-halal-20EkKmPmLwc/full

Marketeers. (2023). Tahun 2023 Ini Tiga Minimarket Pilihan Para Gen-Z.

https://www.marketeers.com/tahun-2023-ini-tiga-minimarket-pilihan-para-gen-z/

Marzuki, W. W., & Triyono. (2021). PENGARUH RELIGIUSITAS, SERTIFIKASI HALAL DAN BAHAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 17(2).

Mutia, J. A., Ali, S., & Harori, M. I. (2022). Analisis Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Personal Care Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Universitas Lampung. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(9), 739–746.

Pratiwi, D. P., & Falahi, A. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Desa Bangun Rejo Tanjung Morawa. Jurnal Bisnis Manajemen dan Akuntansi, 10(1), 1–13.

Rustandi, N., & Marlina, H. (2022). Pengetahuan Produk Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Berlabel Halal Pada Mahasiswa Universitas Suryakancana Cianjur. Ar-Rihlah : Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 02(02), 149–164.

Saputra, A. A., & Jaharuddin. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, dan Celebrity Endorse terhadap Keputusan Pembelan Produk Zoya. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521–1535.

Saputra, M., Yuniwati, Lislindawati, & Wahyuningsih, Y. (2022). Customer Perspective on Purchase Decision. Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(1), 26–38.

Setyaningsih, E. D., & Marwansyah, S. (2019). The Effect of Halal Certification and Halal Awareness through Interest in Decisions on Buying Halal Food Products. Syi`ar Iqtishadi : Journal of Islamic Economics, Finance and Banking, 3(1), 65. https://doi.org/10.35448/jiec.v3i1.5515

Swastika, S. W., Budiman, R., & Rahmawati, R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk serta Kesadaran Halal pada Produk Bakmie Kering Haji Aman terhadap Penentuan Keputusan Pembelian Produk Menggunakan Metode Structural Equation Modelling Partial Squares (SEM-PLS). 7(1), 196–204.

Waryanti, T. (2017). Marketing Plan! dalam Bisnis. Elex Media Komputindo.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.