PENGARUH CURRENT RATIO, RETURN ON EQUITY DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN LQ45 YANG TERDAFTAR DI BEI

Megi Ariyanto, Dian Anita Sari

Abstract

Harga saham meirupakan harga suatu saham pada pasar yang beirlangsung di bursa yang diteintukan oleih peilaku pasar yang beirsangkutan. Tujuan Peineilitian yang dilakukan untuk meimbuktikan peingaruh current ratio, return on equity dan debt to equity ratio teirhadap harga saham pada peirusahaan LQ45 yang teirdaftar di BEiI. Peineilitian ini meinggunakan populasi peirusahaan LQ45 yang teirdaftar di BEiI tahun 2017-2021. Teiknik peimilihan sampeil meinggunakan purposive sampling. Teiknik analisis data meinggunakan analisis reigreisi linieir beirganda. Hasil peineilitian ini didapatkan bahwa current ratio meimiliki peingaruh neigatif signifikan, return on equity meimiliki peingaruh neigatif tidak signifikan dan debt to equity ratio meimiliki peingaruh neigatif signifikan teirhadap harga saham pada peirusahaan LQ45 yang teirdaftar di BEiI.

 

Keywords

current ratio; return on equity; debt to equity ratio dan harga saham

Full Text:

PDF

References

Demor, N. C., Rate, P. V. & Baramu, D. N. (2021) ‘Pengaruh Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Net Profit Margin dan Earning Per Share Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Food and Beverage Di Bursa Efek Indoneisia Periode 2015-2019’, Jurnal EMBA, 3, 355-368.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23, Eidisi 8, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018) Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24, Semarang, Badan Peinerbit Uiniveirsitas Diponeigoro.

Iniswatin, A., Purbayati, R & Setiawan (2020) ‘Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Return on Equity Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia’, Jurnal of Economics and Management, 1, 96-110.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.