ANALISIS EXPERIENTIAL MARKETING, BRAND IMAGE DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DI KOPI AMPIRONO KULON PROGO YOGYAKARTA

Ahmad Alfian Ihsan, Muinah Fadhilah, Agus Dwi Cahya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing, brand image, dan product quality terhadap customer loyalty di Kopi Ampirono Kulon Progo Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah konsumen dari Kopi Ampirono Kulon Progo Yogyakarta. Metode penarikan sampel adalah Non-probability sampling dengan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang diberikan secara online melalui google form. Jumlah kuesioner yang diolah adalah sebanyak 100 responden. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel experiential marketing (X1) dan product quality (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y) di Kopi Ampirono Kulon Progo Yogyakarta. Variabel brand image (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty (Y) di Kopi Ampirono Kulon Progo Yogyakarta. Secara simultan variabel experiential marketing (X1), brand image (X2), dan product quality (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer loyalty (Y) di Kopi Ampirono Kulon Progo Yogyakarta.Hal itu didukung oleh uji F dengan nilai signifikansi 0,00 dan hasil perhitungan koefisien determinasi (Adjust R Square) diperoleh nilai sebesar 81,4%.

Keywords

experiential marketing, brand image, product quality, customer loyalty

Full Text:

PDF

References

Yudianto, A., & Nurpratama, M. (2022). Analisis statistik ekonomi dengan menggunakan SPSS

Alagöz, S. B., & Ekici, N. (2014). Experiential marketing and vacation experience: The sample of Turkish Airlines. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 150, 500–510. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.065

Cahya, A. D. W. I. , M. A. , A. P. , & W. R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen ( Studi Kasus pada UMKM Baso Aci Ena Yogyakarta ). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.

Danang, S. (2012). Dasar - Dasar Manajemen Pemasaran. Penerbit CAPS.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management (4th edition). Pearson.

Kotler dan Armstrong. (2012). Principle of Marketing 14th Ed. Pearson Education, Inc.

Kotler, Philip, & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. Pearson Education Limited.

Paransa R, J. D. D. M. dan F. R. (2020). Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Kopi Z Manado. Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Rumah Kopi Z Manado, 8, 65–74.

Paransa, R., Massie, J. D. D., Roring, F., Sam, U., & Manado, R. (2020). Pelanggan Di Rumah Kopi Z Manado Analysis Influence Experential Marketing Towards Customer Loyalty In Coffe Home Z Manado Oleh : 8(3), 65–74.

Philip, K., & Amstrong, G. (2015). Marketing an Introducing (12th Edition). Global Edition.

Solihin, D., & Setiawan, R. (2021). The Influence of Brand Image and Atmosphere Store on Purchase Decision for Samsung Brand Smartphone with Buying Intervention as Intervening Variables. International Journal of Social Science and Business, 5(2), 262–270. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJSSB/index

Srivastava, M., & Rai, A. K. (2018). Mechanics of engendering customer loyalty: A conceptual framework. IIMB Management Review, 30(3), 207–218. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2018.05.002

Swastha dan Handoko. (2016). Customer Loyalty. 74.

Tjiptono, F. (2016). Manajemen Pelayanan Jasa. Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.