PENGARUH SHOPPING LIFESTYLE, VISUAL MERCHANDISHING, PROMOSI PENJUALAN ONLINE, DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVIES TERHADAP ONLINE IMPULSE BUYING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh shopping lifestyle (X1), visual merchandhising (X2), promosi penjualan online (X3) dan hedonic shopping motivies (X4) terhadap online impulse buying (Y) studi kasus konsumen Shopee di Kabupaten Rembang. Online impulse buying adalah keputusan yang diambil konsumen untuk melakukan pembelian secara tidak terencana dan tanpa memikirkan dampaknya. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar kuesioner pada 100 responden yang pernah melakukan pembelian di Shopee dan orang yang pernah melakukan impulse buying secara online (pembelian yang tidak direncanakan). Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Dari hasil uji hipotesis membuktikan bahwa variabel: shopping lifestyle (X1), promosi penjualan online (X3), dan hedonic shopping motivies (X4) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap online impulse buying. Sedangkan variabel visual merchandhising (X2) berpengaruh positif tidak signifikan terhadap online impulse buying. Shopping lifestyle, visual merchandhising, promosi penjualan online dan hedonic shopping motivies dari hasil iji Determinasi (R2) dapat menjelaskan variabel online impulse buying sebesar 57,9%, adapun sisanya sebesar 42,1% dijelaskan faktor lain di luar model penelitian.
Kata Kunci: Shopping Lifestyle, Visual Merchandhising, Promosi Penjualan Online Hedonic Shopping Motivies, Online Impulse Buying.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.