ORGANIZATIONAL LEARNING INDUSTRI PARIWISATA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI THE X HOTEL PANGANDARAN-JAWA BARAT
Abstract
Masa pandemi Covid-19 menjadi momentum evaluasi berbagai industri dan organisasi. Industri pariwisata menjadi salah satu sektor yang terdampak, sehingga menyebabkan banyak pelaku pariwisata yang merumahkan pegawai, bahkan menutup usahanya. The X Hotel Pangandaran menjadil salah satu hotel di kawasan wisata Jawa Barat yang mampu bertahan. Penelitian ini bertujuan menganalisis pembelajaran organisasi (Organizational Learning) di The X Hotel Pangandaran sebagai salah satu faktor yang mendukung keberlanjutan operasional hotel selama masa pandemi. Melalui penerapan aspek-aspek pembelajaran berupa Commitment to Learning, Shared Vision dan Open-mindedness, The X Hotel menjadi organisasi yang tangguh dalam menghadapi krisis. Berdasarkan hasil penelitian, kadar pembelajaran organisasi (organizational learning) berada pada tingkatan cenderung timggi.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.