ANALISIS STUDI KELAYAKAN USAHA PENDIRIAN HOME INDUSTRY OLAHAN BUAH MANGGA DI DESA PAWIDEAN JATIBARANG KABUPATEN INDRAMAYU

Agus yudianto, Meddy Nurpratama

Abstract

Home   Industry  rumah mangga   usahanya masih terus-menerus melakukan inovasi dan pengembangan mengingat usaha ini masih dalam tahap perintisan. Pendirian home industry  olahan mangga ini diharapkan  lebih menarik minat para konsumen, sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan laba usaha dengan produk yang lebih bervariasi. Rencana pendirian usaha tersebut memerlukan adanya analisis studi kelayakan untuk menilai apakah usulan proyek tersebut diterima atau ditolak.

Pada Peenelitian  ini    yang  digunakan    yaitu dengan deskriptif. berisi tentang gambaran mengenai lokasi perusahaan dan kelayakan usaha ditinjau dari berbagai aspek-aspek tertentu. Dengan  memilih jenis  deskriptif karena menyajikan data yang lebih akurat, selain itu bentuk yang sederhana, dan teknis yang mudah dipahami. Dan Menggunakan anlisa investasi.

Analisis finansial dengan menggunakan  modal  sendiri  dikatakan  layak  berdasarkan hasil  perhitungan  kelayakan  investasi  yang meliputi  Payback  Period  (PP),  Net  Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), dan Profitability Index (PI), karena masing- masing            perhitungan     memenuhi     kriteria investasi, dimana nilai PP atau jangka waktu pengembalian modal kurang dari umur investasi (5 tahun), nilai NPV yang positif atau lebih besar dari nol, nilai IRR yang lebih besar dari tingkat suku bunga deposito , dan nilai PI yang lebih besar dari satu.

Keywords

Studi Kelayakan, Aspek-aspek Studi Kelayakan Bisnis

Full Text:

PDF

References

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi/UKM Kab. Indramayu Jawa Barat. 2013. Standarisasi dan Proses Produksi Buah Mangga. Kab. Indramayu.

Dinas Pertanian danPeternakan kab. Indramayu Jawa Barat. 2011. Produktivitas Buah Mangga. Kab. Indramayu.

Gumbira Sa’id, E. Rahmayanti dan M.Z. Muttaqin. 2001. “Manajemen Teknologi Agribisnis, Kunci Daya Saing Global Produk Agribisnis”. Dalam Siswono, Y.H., dkk (Ed.)., Pertanian Mandiri (hlm 91). Penebar Swadaya, Jakarta.

Halim, Abdul. Manajemen Keuangan Bisnis. Ghalia Indonesia Ghalia Indonesia Bogor: 2007.

Ibrahim, H.M. Yacob. 2003. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Jumingan, 2009. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta:

Bumi Aksara

Kasmir dan Jakfar.2009. Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Kasmir dan Jakfar. 2004. Studi Kelayakan Bisnis.

Jakarta: Kencana

Kamaluddin, 2004. Studi Kelayakan Bisnis.

Malang: DIOMA

Kuswadi. 2006. Memahami Rasio-rasio Keuangan Bagi Orang Awam. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kuswadi. 2007. Analisis Keekonomian Proyek.

Yogyakarta: ANDI

Kotler, Philiph. 2004. Manajemen Pemasaran. Prenhalindo. Jakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.